Lifestyle
Jun12

8 Tips Menghemat Uang Saat Liburan

Menghemat uang saat liburan sepertinya terdengar sebagai suatu hal yang mustahil dikerjakan ya. Apalagi jika anda termasuk orang yang mudah tertarik akan suatu benda atau makanan khas. Alih-alih menikmati suasana obyek wisata yang menarik, kocek anda justru terkuras dalam untuk memenuhi kebutuhan mata dan perut.

tips-menghemat-uang-saat-liburan.jpg

Jika anda ingin menghemat biaya selama masa liburan, ikuti tips-tips dari Arafuru.com berikut ini :

1. Cari Tahu Kondisi dan Situasi Tempat Tujuan

Tips yang pertama dan penting yaitu mencari tahu keadaan lingkungan sekitar tempat wisata yang hendak anda kunjungi. Tanyakan kepada kerabat atau teman yang mungkin pernah ke sana, bagaimana cara dia menghemat uang ke tempat tersebut. Manfaatkan juga media internet untuk mencari tahu review orang-orang dari destinasi wisata yang akan anda kunjungi. Semakin anda mengetahui seluk beluknya, semakin anda mudah dalam menyusun anggaran untuk berlibur ke sana.

2. Bawa Bekal dari Rumah

Biasakan setiap anda berekreasi ke suatu tempat bersama keluarga, selalu bawa keranjang bekal berisi minuman dan makanan. Selain akan menghemat uang dalam jumlah yang besar, mengingat harga jajanan di tempat wisata umumnya sangat mahal, anda pun bisa memastikan kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi anda sekeluarga.

3. Jangan Abaikan Keselamatan!

Apabila di dalam keluarga anda masih ada anak-anak, jangan memaksakan diri untuk menggunakan angkutan umum. Anak-anak biasanya akan mengalami mabuk perjalanan jika naik angkutan umum, terutama bis. Jangan sampai niat anda menghemat uang, justru mengakibatkan si kecil sakit. Meskipun tidak akan menghemat uang, namun setidaknya anda masih bisa menghemat waktu.

4. Beli Souvenir? Bolehlah!

Sedikit tips untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh saat berwisata, belilah oleh-oleh berupa kerajinan tangan tradisional karena selain memiliki bentuk yang unik, harganya pun cenderung lebih murah. Hindari membeli buah tangan ini di dalam area wisata karena harganya akan lebih tinggi daripada kita membeli di jalan-jalan. Pada umumnya, harga suvenir di tempat wisata akan lebih mahal karena para penjual ini berhadapan dengan market yang banyak dan tertarik pada produk yang dijualnya .