8 Cara Sederhana Mengatasi Kantuk di Kantor Saat Berpuasa

Kebanyakan orang memang akan mudah mengantuk pada saat berpuasa. Penyebabnya tidak lain karena kondisi perut yang kosong menyebabkan tubuh menjadi sangat lemas tak bertenaga. Akibatnya yaitu Anda pun menjadi malas bergerak ataupun beraktivitas seperti biasanya. Kalau mengantuk di rumah sih masih oke sebab kita bisa langsung beranjak ke kamar tidur untuk tidur sesuka hati. Tetapi lain ceritanya apabila rasa kantuk tersebut terjadi di kantor ketika Anda sedang bekerja.

Di satu sisi Anda ingin sekali tidur sejenak untuk mengobati rasa kantuk yang teramat dalam ini, tetapi di sisi lain Anda merasa tidak enak hati terhadap atasan maupun rekan kerja yang lain. Apalagi tugas Anda masih menumpuk cukup banyak di atas meja kerja. Anda sendiri ingin sesegera mungkin menuntaskan semua pekerjaan tersebut, tapi sayangnya mata sedang tak bersahabat. Sekeras apapun Anda berusaha untuk segera menyelesaikan pekerjaan, produktivitas Anda tetap rendah karena mengantuk.

Sebenarnya pola tidur yang berubah selama Bulan Ramadhan juga menjadi penyebab utama mengapa Anda kini menjadi mudah mengantuk saat berpuasa. Khususnya pada waktu sahur, di mana Anda harus memaksakan diri untuk berjaga di tengah-tengah waktu tidur selama lebih dari 30 menit. Apalagi kalau Anda harus memasak hidangan sahur terlebih dahulu, maka durasi waktu tidur pun menjadi semakin lebih banyak berkurang. Wajarlah jika keesokan harinya Anda gampang mengantuk akibat kurang tidur.

Kami mempunyai 8 tips untuk mengatasi rasa kantuk yang timbul saat Anda sedang bekerja di kantor selama menunaikan puasa di Bulan Suci Ramadhan.

Cobalah Jalan-jalan

Beruntung sekali apabila Anda bekerja di kantor yang dilengkapi dengan taman khusus. Kenapa? Sebab Anda dapat memanfaatkan taman tersebut sebagai penawar rasa kantuk. Saat berpuasa, kami sarankan Anda pergi ke taman setiap 2-3 jam sekali. Cobalah melakukan berbagai aktivitas di sini selama minimal 10 menit. Anda dapat mengobrol bersama rekan kerja, berkeliling taman, duduk di bawah pohon, atau sekadar nongkrong. Meningkatnya pasokan oksigen di dalam tubuh akan membuat Anda bugar kembali.

Ubah Pandangan Mata

Faktanya rasa kantuk dapat muncul sendiri secara tiba-tiba lantaran Anda menatap pemandangan yang monoton dalam durasi waktu yang relatif lama. Mata Anda yang terus-menerus melihat ke arah layar komputer dan pekerjaan sehingga akhirnya merasa bosan sendiri. Hal ini berujung pada rasa mengantuk yang tidak tertahankan. Sebelum rasa kantuk ini semakin kuat menyerang, ubahlah pandangan Anda ke hal lain apapun itu. Upayakan Anda rutin mengubah pandangan ke objek lain setiap 20-30 menit sekali.

Mengobrol Sesuatu

Hati-hati dengan suasana di dalam kantor karena jika kondisinya terlalu membosankan, akibatnya Anda pun akan merasa cepat mengantuk ketika bekerja. Sebisa mungkin ciptakanlah suasana ruangan yang ceria, riuh, tapi tetap terkendali. Kalau Anda tidak bisa membuat seisi ruangan merasa ceria, setidaknya hadirkan keceriaan ini di  lingkungan sekitar Anda. Caranya dengan mengobrol. Cobalah membicarakan sesuatu yang seru dan asyik dengan teman sebelah Anda. Namun jangan pernah menggunjing ya!

Tidur Siang Sebentar

Anda tetap akan mendapatkan waktu istirahat yang sama ketika siang hari, kan? Nah, manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya. Berhentilah mengobrol sejenak. Anda bisa tidur sebentar setelah selesai menjalankan ibadah sholat dhuhur. Ada baiknya Anda berbaring dan mencoba tertidur selama waktu istirahat siang tersebut. Durasi waktunya sendiri kurang lebih sekitar 30-45 menit. Waktu selama ini sudah lebih dari cukup untuk mengobati rasa kantuk yang melanda tubuh Anda. Atasan Anda pasti akan maklum kok.

Cerahkan Ruangan Kerja

Tahukah Anda, ruangan yang mempunyai pencahayaan yang redup akan membuat Anda lebih mudah mengantuk ketimbang ruangan yang dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang cenderung cerah. Hal ini disebabkan oleh kesiagaan mata Anda yang notabene sudah diatur sesuai cahaya yang ditangkapnya. Cahaya yang redup seolah-olah menjadi sinyal bagi mata untuk segera beristirahat. Sebaiknya nyalakan semua lampu kantor dan bukalah seluruh jendelanya supaya ruangan kerja tampak lebih cerah.

Dengarkan Lagu Beat

Percaya atau tidak, sebuah lagu memang dapat mempengaruhi perasaan kita secara signifikan. Jika Anda sedang membutuhkan rasa semangat, coba dengarkanlah lagu-lagu yang menghentak atau nge-beat. Lagu dengan irama semacam ini sangat ampuh membuat perasaan Anda bersemangat lagi. Rasa kantuk yang sebelumnya melanda pun langsung sirna setelah Anda menikmati lagu-lagu yang sungguh asyik ini. Tetapi pastikan Anda tidak mengganggu rekan kerja yang lain dengan adanya suara lagu tersebut ya.

Menarik Napas Dalam

Sistem pernapasan kita memang secara otomatis bekerja sendiri. Namun dengan menarik napas dalam-dalam secara sengaja membuat jumlah udara yang masuk ke dalam paru-paru menjadi semakin lebih banyak. Hal ini bisa membantu meningkatkan energi dan memicu kinerja otak. Terlebih jika udara yang terhirup mengandung banyak sekali oksigen. Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam dengan posisi berdiri atau duduk. Tarik napas lewat hidung, tahan sebentar, lalu keluarkan melalui mulut.

Atur Pola Tidur

Bag Anda merasa kalau rasa kantuk yang diderita selama berpuasa sudah sangat mengganggu pekerjaan di kantor, ada baiknya Anda mengatur kembali jadwal waktu tidur dengan baik. Perlu diketahui, manusia membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam berturut-turut. Kebutuhan ini tidak boleh diganggu gugat apapun alasannya. Kalau ada jeda di antara waktu tidur, waktunya tidak boleh lebih dari 5 menit. Silakan Anda bisa mengatur kembali jadwal tidur supaya bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas.