Lifestyle
Jul5

7 Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Maag

tips-berpuasa-bagi-penderita-maag.jpg

Berpuasa bagi penderita maag terkadang menimbulkan kecamuk tersendiri. Di satu sisi, kita akan mengalami kerugian yang sangat besar jika meninggalkan ibadah ini. Namun di sisi lain, jika dipaksakan, kadang-kadang membuat perut terasa melilit, kembung, mual, bahkan muntah.

Agar anda tetap nyaman selama menunaikan ibadah puasa, berikut ini arafuru.com suguhkan tips-tipsnya :

1. Rutin Minum Jamu Kunyit

Jamu kunyit merupakan obat tradisional untuk mengatasi maag. Jamu ini terbuat dari kunyit yang diparut dan diambil sarinya, lalu diseduh dengan air panas. Jangan lupa, tambahkan gula merah untuk memberikan rasa manis. Jamu kunyit sebaiknya diminum secara rutin, baik saat berbuka maupun sahur. Dibandingkan dengan obat maag kimia, meminum jamu kunyit lebih aman dan menyehatkan karena semua bahannya berasal dari herbal.

2. Minum Air Putih 8 Gelas

Penderita maag selalu bermasalah pada sistem pencernaannya. Agar kondisi pencernaan anda tetap terjaga, usahakan untuk meminum 8 gelas air putih setiap hari. Adapun polanya adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah tarawih, dan 2 gelas saat sahur.

3. Hindari Makanan Bersantan

Santan banyak digunakan dalam olahan minuman dan makanan khas Indonesia seperti opor, sayur lodeh, dan kolak. Makanan berkuah santan sebaiknya dihindari karena mampu meningkatkan produksi asam lambung. Alhasil, perut anda akan dibuat nyeri setelah mencicipi hidangan berkuah santan.

4. Hindari Makanan yang Pedas dan Sambal

Sama seperti makanan bersantan, kuah pedas (cabai) juga memicu produksi asam lambung semakin banyak. Makanan yang terlalu pedas/sambal juga kurang baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit diare dan muntaber.