7 Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan

Apakah anda kesulitan dalam memilih tempat penitipan hewan yang tepat? Memelihara kucing dan anjing memang menyenangkan. Hewan-hewan tersebut mampu menghibur kita setiap waktu. Masalah muncul ketika kita akan bepergian keluar kota dalam waktu lama, sedangkan membawa serta kucing dan anjing malah akan menyiksa mereka di perjalanan. Maka menitipkannya di Tempat Penitipan Hewan dapat menjadi solusi alternatifnya.

Lalu, bagaimana memilih tempat pemilihan hewan yang tepat?

1. Petugas yang Telaten

Faktor pertama yang perlu anda perhatikan adalah dari perilaku perawat dalam menangani hewan-hewan yang dititipkan di tempat tersebut. Apakah mereka terlihat telaten atau justru cuek membiarkan hewan tetap berada di kandang. Cobalah berkeliling ruangan untuk mencari tahu sejauh mana mereka bertanggungjawab terhadap kesehatan hewan-hewan yang dititipkan di sana.

2. Tempat yang Bersih dan Memadai

Kebersihan ruangan akan berpengaruh langsung terhadap kesehatan hewan yang menempatinya. Sebaliknya, ruangan yang kotor akan memicu hewan terkena penyakit, jamur, dan bakteri, bahkan kutu. Jangan lupa, pastikan juga ruangan tersebut berukuran memadai untuk menampung semua hewan yang berada di dalamnya. Apabila terlalu sempit, ruangan terasa pengap akibat ketersediaan oksigen tipis dan suasananya pun cenderung berisik.

3. Makanan yang Disesuaikan

Kucing dan anjing sering mengalami kesulitan dalam beradaptasi di lingkungan baru. Kebanyakan hewan-hewan ini akan mengalami stres sejenak ketika berpisah dengan pemiliknya. Apabila hal ini terus berlanjut, efek buruknya adalah nafsu makan hewan kesayangan anda akan menurun dan rentan sakit. Adapun salah satu solusi untuk meminimalisir kemungkinan, cobalah meminta perawat untuk memberikan makanan kesukaan hewan anda secara rutin. Diharapkan, dengan cara ini, kucing dan anjing yang dititipkan bisa tetap lahap makan meskipun sedang mengalami stres.

4. Kebiasaan Hewan Peliharaan

Setiap hewan peliharaan mempunyai kebiasaan yang ia sukai, termasuk kucing dan anjing kesayangan anda. Mungkin kucing anda suka mencakar kayu dan bermain dengan bola pingpong, atau anjing anda senang diajak joging di pagi hari. Kemukakanlah semua itu pada perawat agar mereka mampu memperlakukan hewan anda dengan baik.

5. Ukuran Kandang yang Proporsional

Pengecekan kondisi ruangan di tempat penitipan hewan yang anda pilih merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memastikan kualitasnya. Ruangan yang harus mendapatkan perhatian lebih adalah ruangan tempat diletakkannya kandang hewan. Pastikan kandang-kandang yang ada di tempat penitipan mampu membuat hewan kesayangan anda merasa nyaman. Bila perlu, anda bisa membawa kandang sendiri dari rumah. Kandang yang terlalu sempit akan menghambat gerakan hewan di dalamnya.

6. Dokter Hewan

Akan lebih baik jika tempat yang anda pilih memiliki dokter hewan pribadi. Hal ini memungkinkan kondisi kesehatan hewan bisa dipantau setiap saat. Kalaupun ada kejadian buruk yang menimpa hewan anda, mereka bisa memberikan penanganan yang tepat dan langsung pada saat itu juga.

7. Potret Hewan

Sesaat sebelum anda meninggalkan tempat penitipan tersebut, jangan lupa untuk mengambil foto kondisi terakhir dari kucing dan anjing kepunyaan anda. Ambil potret dari semua sudut bagian tubuhnya. Foto-foto tersebut bisa anda gunakan sebagai pembanding kondisi hewan ketika anda mengambilnya nanti. Yang lebih berguna lagi, foto ini bisa menjadi bukti kuat apabila terjadi sesuatu masalah yang menimpa hewan yang anda titipkan.