Lifestyle
Sep22

7 Tips Agar Rumah Tidak Panas Tanpa AC

tips-agar-rumah-tidak-panas.jpg

Bagaimana solusinya agar rumah tidak panas? Tinggal di negara tropis memang terasa panas. Jika anda salah merancangnya, rumah yang seharusnya bisa melindungi tubuh dari panas matahari justru semakin menambah gerah saja.

Mau agar rumah anda terasa lebih dingin?

1. Langit-langit Tinggi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan interior rumah anda memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Semakin banyak ruang kosong yang ada di antara lantai dan atap, semakin banyak pula udara yang bisa berputar. Hasilnya, ruangan pun selalu berisi udara segar dalam jumlah melimpah.

2. Ventilasi Atap

Panas matahari bergerak dari atas ke bawah. Jika udara di bagian atas dapat mengalir lancar, maka udara tersebut mampu melemahkan tingkat panas matahari yang jatuh ke bawah. Itu sebabnya, sebaiknya ventilasi tidak hanya dibuat pada dinding saja, melainkan juga di bagian atap. Ventilasi ini bisa dibuat dengan model atap bertingkat.

3. Ventilasi Silang

Agar udara yang masuk ke rumah tidak langsung keluar, melainkan berputar dulu di ruangan tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan membuat ventilasi silang. Ventilasi dibuat tidak saling berhadapan sehingga memungkinkan udara yang masuk dari ventilasi A akan bergerak ke dalam ruangan dulu, baru kemudian keluar dari ventilasi B.

4. Warna Terang