Lifestyle
Jun11

7 Tempat Wisata di Batang yang Menarik

Ingin tahu apa saja tempat wisata di Batang? Keadaan geografis Kabupaten Batang yang didominasi oleh dataran tinggi dan hutan membuat udara di kabupaten berkembang ini terasa sejuk dan segar. Secara umum, obyek wisata di kabupaten yang berada di sebelah barat Kabupaten Kendal ini didominasi oleh panorama alam. Di sini anda bisa menemukan beberapa pantai dan air terjun yang menarik.

1. Kebun Teh Pagilaran

Terletak di Kecamatan Blado, Kebun Teh Pagilaran merupakan suatu perkebunan dan pengolahan teh yang dikelola oleh PT. Pagilaran. Udara di sini terbilang sangat sejuk karena terletak di kaki Pegunungan Dieng. Aroma khas teh yang menenangkan akan langsung terhirup ketika anda memasuki kawasan yang asri ini. Menariknya, selain pemandangan kebun teh yang disuguhkan sangat luas, di sini pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan teh mulai dari tahap pemetikan pucuk daun teh sampai pengepakan produk teh siap saji.

tempat-wisata-batang.jpg

2. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu adalah sebuah pantai berpasir hitam yang terletak di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang. Yang menarik, di pantai ini masih banyak ditemukan kerang-kerang kecil yang terdampar di bibir pantai. Selain panorama laut, keindahan Pantai Sigandu juga diperkuat dengan adanya hutan cemara. Kebanyakan pengunjung yang datang ke sini menikmati sensasi berenang di laut dan bercanda di tepi pantai. Tidak sedikit juga turis yang terlihat sedang asyik memancing, menjajal beberapa wahana permainan, dan menikmati kuliner khas Batang.

3. Pantai Pelabuhan

Bagi anda yang hobi memancing, Pantai Pelabuhan adalah pantai yang wajib anda kunjungi saat berada di Batang. Secara geografis, pantai ini terletak di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing. Untuk menuju ke tempat ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 50 km dari Kota Batang. Yang menarik, di Pantai Pelabuhan ini anda bisa menemukan suatu mata air tawar di lokasi yang sangat dekat dengan laut.
4. Pantai Ujungnegoro

Sesuai namanya, Pantai Ujungnegoro terletak di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Tulis. Struktur pantai ini dihiasi oleh banyaknya karang-karang besar sehingga membuat pantai ini terlihat sangat cantik. Banyaknya ikan-ikan yang bersembunyi di balik karang pun tidak luput dari perhatian wisatawan untuk memancingnya. Selain itu, di sini juga terdapat Gua Aswatama yang menjadi objek favorit pengunjung untuk berfoto di sekitarnya. Di dekat pantai tampak sebuah bukit yang bisa anda panjat melalui anak-anak tangga yang sudah dibangun oleh pemerintah setempat.

5. Curug Gombong

Curug Gombong merupakan sebuah air terjun alami yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Untuk menuju ke lokasi ini, anda bisa menyusuri jalan di sela-sela perkebunan warga, kemudian dilanjutkan menyusuri anak sungai yang dipenuhi oleh bebatuan besar. Rasa lelah yang melanda akan terbayar ketika anda melihat pemandangan air terjun, dengan debit besar, mengalir dari atas ke bawah. Suasananya yang masih asri membuat tempat ini paling pas dikunjungi saat anda ingin menyegarkan pikiran.

6. Curug Genting

Selain Curug Gombong, Kabupaten Batang juga masih memiliki air terjun lainnya yaitu Curug Genting. Curug Genting terletak di Kecamatan Blado dan memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Seperti namanya, curug berarti air terjun dan genting berarti gua, air terjun ini memang mengalir dari dalam suatu gua. Hijaunya pohon pinus yang mengelilingi obyek wisata ini sangat sayang jika tidak diabadikan.

7. Salak Sodong

Salak Sodong merupakan salah satu agrowisata andalan Kabupaten Batang yang bertempat di Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal. Di kawasan ini, anda akan disuguhi pemandangan indah dari dataran tinggi yang dipenuhi oleh pepohonan cengkeh. Desa Sodong juga terkenal sebagai salah satu tempat penghasil kapulaga dan vanili. Tentunya, kedua tanaman ini jarang sekali kita temukan di daerah lain. Di tempat ini juga terdapat air terjun Curug Sodong yang terkenal dengan suasananya yang masih sangat alami.