Lifestyle
Apr19

7 Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina

Tahukah anda, apa perbedaan antara ikan koi jantan dan betina? Apa saja indikator yang bisa dipakai untuk menentukan jenis kelamin suatu ikan koi? Apakah terdapar ciri-ciri yang mencolok antara keduanya?

perbedaan-ikan-koi-jantan-dan-betina.jpg

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias dengan kombinasi warna khas yaitu merah, putih, hitam, dan kuning. Pemeliharaannya yang relatif lebih mudah, menjadikan ikan ini sebagai ikan hias terfavorit di dunia. Koi biasanya dipelihara di kolam ikan, sehingga keindahan punggungnya bisa dinikmati lebih maksimal.

Untuk keperluan perkawinan, pemijahan, dan lain-lain diperlukan upaya menangkap ikan koi jantan dan betina secara tepat. Oleh sebab itu, kali ini Arafuru.com akan berbagi tips membedakan jenis kelamin ikan koi. Berikut selengkapnya :

1. Meraba Bagian Pipi Ikan Koi

Pernahkah anda melihat seseorang yang ingin membeli suatu ikan koi sedang meraba bagian pipi ikan tersebut? Apa maksudnya? Yap, tepat sekali! Mereka sedang mencari tahu jenis kelamin ikan koi itu.

Meraba bagian pipi memang cara termudah untuk membedakan jenis kelamin suatu ikan. Namun perlu diperhatikan, metode ini hanya bisa digunakan jika ikan koi sudah berusia antara 7-8 bulan.

Kebanyakan ikan koi jantan mempunyai pipi yang bertekstur kasar. Meskipun jarang ditemukan, ikan jantan yang berpipi tidak kasar menandakan bahwa ikan tersebut belum memasuki masa dewasa. Sebaliknya, ikan koi betina selalu memiliki pipi yang terasa halus. Tidak ada koi betina yang pipinya kasar.

2. Menekan Bagian Bawah Anus Ikan Koi

Cairan yang keluar dari anus ikan merupakan indikator kedua sebagai penentu suatu jenis kelamin ikan, termasuk ikan koi. Hal ini tidak terlepas dari adanya perbedaan yang mencolok terhadap cairan yang keluar saat kita menekan bagian tersebut.

Pada ikan koi jantan, ketika kita tekan bagian ini, maka akan keluar cairan sperma. Ciri-cirinya yaitu berwarna putih dan terasa agak kental. Sedangkan untuk koi betina, yang keluar adalah kotoran berwarna kuning dan bertekstur kasar.

3. Mengamati Bentuk Tubuh Ikan Koi

Indikator ketiga ini bisa dikatakan relatif, karena bentuk ikan dipengaruhi langsung oleh kesehatannya. Ikan koi jantan yang sedang sakit terkadang akan terlihat seperti betina, begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, poin ini hanya bisa digunakan sebagai penanda sekilas saja. Diperlukan metode selanjutnya untuk memastikan dugaan jenis kelamin ikan..

Seperti binatang lainnya, ikan koi jantan akan terlihat lebih kekar dengan bentuk yang tegas. Sedangkan ikan koi betina memiliki bentuk badan yang cenderung gendut. Hal ini akan terlihat semakin jelas saat ikan sedang hamil.