7 Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Ingin tahu apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh kita? Bayam dikenal sebagai salah satu tanaman yang gampang dibudidayakan. Sayuran ini mampu tumbuh subur sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Hebatnya, di balik perawatannya yang mudah, bayam ternyata mengandung zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Apa saja?

1. Sumber Vitamin dan Mineral

Bayam mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk mengembalikan energi, menjaga kesehatan kulit, dan memperlancar aliran darah. Kandungan zat besi di dalam bayam membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga aliran sel darah merah pun menjadi lancar. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, D, E, dan K. Seperti kita tahu, vitamin K sangat berguna untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Adapun dalam 100 gram bayam mengandung 23 kalori, 3 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 2 gram serat.

2. Sumber Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan suatu zat yang berperan penting untuk menjaga kinerja otak. Dibandingkan dengan ikan salmon dan buah kiwi, bayam merupakan sumber asam lemak omega 3 yang murah. Artinya, dengan mengonsumsi bayam secara rutin, anda akan terhindar dari gangguan ingatan dan masalah syaraf.

3. Anti-kanker dan Anti-inflamasi

Bayam mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat sebagai anti-kanker dan anti-inflamasi. Bahkan dalam suatu penelitian tentang kanker prostat disebutkan bahwa bayam mampu melindungi tubuh dari kanker prostat lebih baik dibandingkan brokoli dan kubis.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Sama seperti wortel, bayam juga mengandung betakarotin yang baik untuk kesehatan mata. Penyakit mata yang serius seperti degenerasi makula dan katarak pun bisa dicegah oleh sayuran hijau ini. Oleh karena itu, bagi anda yang sering mengalami keluhan mata, biasakanlah mengonsumsi sayur bayam.

5. Membantu Diet Seimbang

Bayam mengandung zat besi dalam jumlah paling banyak di antara sayuran-sayuran lainnya. Zat ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya gejala anemia saat anda melakukan diet, sehingga tenaga pun lebih terjaga. Bahkan untuk ibu hamil, sayuran ini aman dipakai untuk mencegah timbulnya tekanan darah rendah.

6. Menguatkan Tulang dan Gigi

Satu mangkuk kecil bayam segar mampu mencukupi kebutuhan kalsium anda selama dua hari. Kalsium, dan juga magnesium, sangat berguna untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi. Jadi, bagi anda yang mengalami gangguan osteoporosis, anda bisa menerapi diri dengan mengonsumsi daun bayam secara rutin.

7. Bagus untuk Sistem Pencernaan

Selain berguna untuk mempertahankan kesehatan mata, bayam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Bayam mampu melindungi mucus di lambung dan mengatasi konstipasi, sehingga berguna untuk mencegah timbulnya penyakit maag. Selain itu, bayam merah juga bisa digunakan untuk membersihkan kondisi di usus besar dari racun-racun yang menumpuk.