Lifestyle
Apr3

7 Latihan Olahraga di Rumah Tanpa Peralatan Apapun

Olahraga di rumah tanpa dilengkapi peralatan sama sekali, mungkinkah? Olahraga merupakan aktivitas yang penting dilakukan untuk menjamin tubuh tetap sehat dan kuat. Sayangnya, latihan-latihan olahraga yang berkembang saat ini selalu memerlukan peralatan tambahan dalam setiap gerakannya. Sebenarnya, ada gerakan-gerakan efektif yang bisa anda praktekan untuk berolahraga di dalam rumah. Apa saja? Berikut ketujuh macam gerakan tersebut :

1. Pushup

Pushup merupakan gerakan yang sederhana, tetapi tidak semua orang menyukainya. Kesulitan terbesar dari latihan ini adalah ketidakmampuan otot-otot di tangan untuk menopang berat tubuh yang berlebih. Tips kami, mulailah dengan gerakan pushup sembarang yang mampu membuat anda enjoy dalam melakukannya.

Gerakan pushup tidak harus selalu menempel di lantai, anda dapat mengganti posisinya dengan berdiri dan menempelkan kedua telapak tangan di dinding. Gerakan pushup mampu melatih otot-otot di sepanjang lengan anda..

2. Jogging

Jika cuaca sedang bagus, mungkin anda bisa ber-jogging di luar ruangan. Namun, bagaimana jika sedang hujan atau panas yang terik? Solusinya adalah lakukan jogging di dalam ruangan. Jika rumah anda memiliki tangga, cobalah naik turun tangga berkali-kali. Gerakan ini mampu membesarkan otot betis anda jauh lebih efektif. Tetapi jika tidak ada, berjalan-jalanlah mengelilingi seisi rumah.

olahraga-di-rumah.jpg

3. Menari

Menari termasuk kegiatan yang sangat bagus bagi kesehatan organ jantung anda. Selain itu, dengan menari, semangat anda akan meningkat drastis dan perasaan pun berubah menjadi bahagia. Gerakan menari tidak harus selalu terikat dengan aturan, seperti pada tarian tradisional. Cobalah gerakan tarian yang bebas seperti break dance, dangdut, shuffle, dan sebagainya. Aerobik dan senam juga termasuk ke dalam latihan menari.

4. Melompat

Latihan menyenangkan lainnya selain menari adalah melompat. Melompat mampu memacu kinerja jantung dan memperkuat otot-otot di kaki. Gerakan ini juga bagus untuk menambah tinggi badan, terutama untuk anda yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain gerakan melompat biasa, anda bisa mencoba variasinya dengan melompat sambil memutar. Gerakan ini termasuk ke dalam latihan kardio dan bagus juga sebagai pemanasan.

5. Angkat Beban

Untuk sekedar berlatih mengangkat beban di rumah Anda tidak perlu membeli barbel. Gunakan saja benda-benda berat yang sudah tersedia di rumah. Misalnya sebotol air mineral, kaleng susu, minyak goreng, botol deterjen, bahkan galon air.

6. Sit-up

Sit-up bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam kamar maupun di teras rumah. Bahkan anda bisa menikmati sesi latihan ini sambil mendengarkan musik atau menonton TV. Latihan sit-up berguna untuk memperkuat otot-otot di perut anda.

7. Squat

Squat berfungsi untuk melatih otot-otot kaki dan pinggul. Sama seperti pushup, bagi orang yang kelebihan berat badan, squat termasuk olahraga yang berat. Solusinya? Cobalah mengganti gerakan ini dengan gerakan duduk dan berdiri yang dilakukan berulang-ulang secara cepat. Selama anda konsisten dalam melakukannya, maka hasil latihan ini pun akan cepat terlihat.