Lifestyle
Feb10

7 Faktor Pendorong Unit Apartemen Cepat Laku Mahal

Hunian dengan model apartemen belakangan ini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan. Apartemen dinilai lebih nyaman ketimbang model hunian lainnya karena sudah siap ditinggali dan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari. Tak heran, harga jual apartemen pun terus mengalami peningkatan dan selalu bersaing satu sama lain.

harga-apartemen.jpg

Contoh Hunian Model Apartemen

Apa saja faktor yang menentukan harga jual suatu unit apartemen?

  1. Faktor pertama sekaligus menjadi yang paling utama adalah lokasi. Tempat di mana apartemen tersebut dibangun akan berpengaruh besar terhadap harga jualnya. Semakin strategis dan elit lokasinya, maka harga lahannya pun akan semakin mahal. Lokasi apartemen di Jakarta yang tergolong paling bonafit adalah Permata Hijau, Menteng, Sudirman CBD, Kebayoran Baru, Setiabudi, dan Mega Kuningan.
  2. Faktor kedua adalah standar fasilitas-fasilitas yang melengkapi apartemen tersebut. Bagaimana kualitas dan kuantitas dari fasilitas yang ditawarkan pengembang ke calon pembeli apartemen? Fasilitas yang setara dengan standar fasilitas di hotel mewah berbintang lima akan meningkatkan harga jual dari unit apartemen.
  3. Faktor ketiga adalah spesifikasi bahan bangunan yang digunakan. Apakah material yang dipakai tersebut memang benar-benar berkualitas tinggi? Selain itu, pemilihan bahan bangunan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen kalangan kelas atas juga mempengaruhi harga suatu apartemen.
  4. Faktor keempat, tidak lain adalah ukuran luas dari unit apartemen yang ditawarkan. Semakin luas unit yang dikeluarkan pengembang, semakin mahal pula harganya. Jika dirata-rata, ukuran unit di apartemen mewah biasanya 2 sampai 3 kali dari ukuran unit apartemen menengah.
  5. Faktor kelima adalah terbatasnya jumlah unit apartemen yang diperjualkan pengembang. Sama seperti produk lainnya, jumlah yang sedikit akan membuat eksistensi suatu produk bertambah mewah. Begitu juga dengan unit apartemen. Semakin sedikit unit yang dirilis ke publik, semakin eksklusif pula unit apartemen tersebut.
  6. Faktor keenam adalah bagaimana pengelolaan apartemen tersebut. Semakin bagus kualitas layanan yang ditawarkan suatu apartemen, maka harganya pun akan bertambah mahal. Kebanyakan orang akan membandingkan pengelolaan apartemen dengan operator hotel bintang lima.
  7. Faktor ketujuh adalah reputasi pengembang apartemen tersebut. Bagaimana rekam jejak suatu developer dalam mengembangkan hunian model apartemen? Sekali saja terdapat nilai merah, maka selamanya nilai kepercayaan developer tersebut akan berkurang. Sebaliknya, unit apartemen yang dikembangkan oleh developer termasyhur akan cepat ludes.