Lifestyle
Aug23

7 Cara Cerdas Membedakan iPhone Asli dan Palsu

cara-membedakan-iphone-asli-dan-palsu.jpg

Bagaimana cara membedakan iPhone asli dan palsu? Sebagai smartphone kelas tinggi dan banyak dicari, banyak orang yang memalsukan iPhone demi keuntungan pribadi. Tentu, sasaran utamanya adalah masyarakat berkantong tebal yang awam dan ingin memiliki produk ponsel canggih buatan Apple ini.

Ada berbagai modus yang digunakan penjual nakal untuk mengelabui calon pembeli. Sebut saja, yang sering digunakan adalah mengganti casing baru, sehingga kondisi ponsel tampak mulus dan usia mesin di dalamnya tidak terdeteksi dari luar. Ada juga penjual yang suka mengganti casing iPhone asli dengan casing palsu. Maklum saja, casing iPhone tergolong berharga mahal.

Agar tidak tertipu, pahami tips-tips dari Arafuru.com berikut ini :

1. Lakukan Pembelian di Toko Terkenal

Sama seperti warung makan, warung yang terkenal pasti makanannya berkualitas tinggi. Begitu juga dengan toko yang sudah terkenal, kebanyakan mereka mampu memberikan kepuasan kepada pembelinya dan adanya jaminan berupa garansi. Kalau bisa, hindari membeli ponsel mewah sekelas iPhone ini di pedagang kaki lima yang keprofesionalannya masih dipertanyakan.

2. Tetap Konsentrasi dan Jangan Mudah Tergiur

Setelah penjual menyerahkan iPhone-nya ke tangan anda, jangan langsung terpana dengan desain iPhone tersebut. Tetap konsentrasi dan perhatikan betul kondisi fisiknya. Selanjutnya, cobalah menyalakan iPhone dan cari tahu apakah ada bekas pemakaian di sana. Hal ini bisa dilihat dari ada tidaknya jejak SMS dan telpon, rekaman history di browser, adanya aplikasi tambahan, dan sebagainya.

3. Pastikan Bezel iPhone Terbuat dari Logam

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, modus yang paling banyak dipakai untuk memalsukan iPhone adalah dengan mengganti casing. Untuk mendeteksi hal ini, anda dapat mengamati bagian bezel atau yang sering didefinisikan sebagai frame atau rangka luar di sekeliling layar. Bezel iPhone asli terbuat dari logam dan sangat mengkilap. Sedangkan, umumnya produk iPhone palsu memakai bezel berbahan plastik, cenderung kusam, dan tidak mengkilap.