Lifestyle
Oct30

7 Aplikasi Desain Rumah Minimalis Terbaik

Apabila anda seorang arsitek profesional atau mahasiswa dari jurusan arsitektur dan sedang mencari software yang bisa mempermudah pekerjaan dalam merancang suatu desain rumah, kami memiliki 7 rekomendasi aplikasi untuk anda. Anda bisa menggunakannya di pekerjaan membuat sketsa dan bahkan mendesain seluruh sudut rumah. Aplikas-aplikasi ini mampu membuat gambar 2D dan 3D berkualitas tinggi dengan dilengkapi fitur-fitur pendukung yang bisa dibilang sangat lengkap. Ada aplikasi yang sangat user-friendly sehingga bisa digunakan untuk pemula, ada juga aplikasi yang membutuhkan pembelajaran yang advanced untuk merancang desain secara lebih mendetail.

aplikasi-desain-rumah.jpg

Dan berikut ini daftar aplikasi desain rumah minimalis rekomendasi arafuru.com :

1. ArchiCAD

ArchiCAD menempati posisi pertama aplikasi yang kami sarankan sebab mempunyai fitur yang paling komplit untuk membuat desain kerja baik berupa gambar 2D maupun 3D. Meskipun begitu, aplikasi ini tergolong mudah dioperasikan sehingga bagi anda yang masih awam akan gampang beradaptasi dengannya. Karena fiturnya yang lengkap itulah, maka anda bisa memaksimalkan rancangan desain rumah anda dengan lebih detail.

2. Chief Architect

Aplikasi yang satu ini juga mampu menghasilkan gambar desain arsitek 3D yang profesional. Di sini, anda akan menemukan suatu tool yang bisa bekerja secara otomatis membuat sketsa renovasi rumah. Sebagian besar arsitek di Indonesia memilih aplikasi ini saat membuat desain arsitektur 2D dan 3D karena mudah digunakan untuk merancang suatu bangunan.

3. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture merupakan versi AutoCAD yang dikeluarkan khusus untuk merancang arsitektur rumah. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur yang memungkinkan seorang arsitek untuk membuat rancangan bangunan secara lebih efisien serta mendesain rumah. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki platform dan tampilan yang sama dengan versi AutoCAD sehingga mempermudah anda yang sudah terbiasa dengan AutoCAD untuk menyesuaikan diri. Meskipun merupakan aplikasi berbayar, AutoCAD Architecture juga memiliki free trial yang bisa anda gunakan untuk mencoba kehandalannya.

4. Vectorworks Architecture

Vectorworks mungkin tidak semudah menjalankan aplikasi yang lain, tetapi justru dengan inilah anda bisa lebih bebas mendesain rumah seperti yang anda inginkan. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi anda yang teliti, sabar, dan suka dengan proses mendesain bangunan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merancang gedung secara lebih spesifik. Apabila anda sudah terbiasa menjalankannya, kemungkinan besar kesulitan-kesulitan yang ditemui saat diawal akan hilang dengan sendirinya.

5. Autodesk Revit

Aplikasi ini mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan para arsitek dan desainer rumah. Sehingga, akan memudahkan anda untuk menciptakan suatu desain yang berkualitas tinggi. Selain itu, Autodesk Revit juga mendukung pembuatan desain kerja bangunan sehingga memungkinkan anda melengkapi semua informasi pada desain yang sedang dibuat.

6. Softplan

Softplan mampu mempermudah anda untuk membuat desain arsitektur. Sama seperti Autodesk Revit, Softplan juga mendukung pemodelan informasi gedung yang bisa memperjelas desain yang anda buat. Hebatnya, perubahan sekecil apapun yang anda lakukan, akan disesuaikan secara otomatis oleh Softplan ke seluruh rancangan. Oleh karena itulah, aplikasi Softplan ini merupakan aplikasi terbaik ketika anda merancang desain perumahan ataupun bangunan komersial lainnya.

7. SketchUp

Setelah Google mengakuisisi SketchUp, aplikasi ini kian tenar. Keunggulan dari SketchUp adalah kecepatannya saat kita bekerja dengannya. Aplikasi ini kami sarankan bagi para pelajar dan mahasiswa yang baru mempelajari dunia arsitektur dan mereka yang ingin membuat gambar 3D dengan sangat mudah.

Perlu digarisbawahi bahwa kami tidak bekerjasama dengan vendor pemilik aplikasi-aplikas di atas dalam membuat artikel review ini. Kami juga tidak menyediakan link download/unduh pada artikel maupun seluruh website arafuru media. Selamat mencoba dan berkreasi dengan aplikasi desain rumah minimalis pilihan anda!