6 Tips Merawat Perhiasan Emas agar Tetap Berkilau

4. Bersihkan Secara Rutin

Kilau emas akan semakin berkurang jika terkena make up, debu, kotoran, dan keringat secara terus-menerus. Karena itu, penting sekali bagi anda untuk membersihkan perhiasan tersebut dengan teratur. Anda bisa membersihkannya memakai sikat gigi/busa halus dan air hangat. Untuk solusi praktis, bolehlah sekali-kali dibawa ke jasa pembersih profesional untuk mengembalikan kilau perhiasan anda seperti baru. Setelah pembersihan selesai, jangan lupa untuk mengelapnya dengan kain tanpa serat agar tidak menimbulkan goresan.

5. Simpan dengan Tepat

Menyimpan perhiasan dengan tepat termasuk salah satu cara untuk menjaga kualitas emas yang anda miliki. Pastikan perhiasan tersebut terlindung dengan aman di dalam kotak perhiasan atau di kain berserat lembut. Menyimpan perhiasan secara terpisah/sendiri-sendiri akan mengurangi resiko terjadinya goresan/rusak akibat perhiasan yang saling bertubrukan.

6. Segera Perbaiki!

Cek kondisi fisik perhiasan emas anda secara rutin. Apabila ditemukan kerusakan, segera bawalah ke jasa profesional untuk memperbaikinya. Menunda-nunda untuk memperbaikinya justru berisiko hilangnya bagian-bagian yang rusak tersebut karena ukurannya yang kecil. Berikan perhatian lebih pada bagian jepitan/pengait, hiasan anting-anting, dan liontin karena bagian ini yang paling rentan putus.