Lifestyle
Aug1

6 Tips Merawat Perhiasan Emas agar Tetap Berkilau

cara-merawat-perhiasan-emas.jpg

Bagaimana cara merawat perhiasan emas? Emas merupakan simbol dari cinta yang abadi. Hal ini tidak terlepas dari kilaunya yang tak lekang oleh waktu sehingga bisa diwariskan ke generasi berikutnya.

Berikut ini 6 tips bagaimana bentuk perawatan yang baik untuk menjaga kualitas emas :

1. Hati-hati dalam Memakainya

Meskipun memiliki wujud yang padat dan keras, perhiasan emas bisa tergores dan penyok jika diperlakukan dengan kasar. Lebih-lebih, pada model perhiasan yang digunakan di tangan, seperti cincin dan gelang, yang rentan terhadap aktifitas kasar. Oleh karena itu, pastikan anda melepas perhiasan sebelum mencuci, memasak, serta melakukan kegiatan berat lainnya.

2. Jauhkan dari Klorin

Berhati-hatilah terhadap kandungan zat kimia yang ada di suatu tempat. Musuh utama dari emas adalah klorin. Apabila perhiasan terkena klorin secara terus-menerus, besar kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan pada perhiasan tersebut. Jadi, selalu jauhkan perhiasan emas anda dari produk pembersih yang mengandung klorin, dan pastikan anda melepas semua perhiasan saat ingin masuk ke kolam renang.

3. Hindarkan dari Zat Asam

Selain klorin, emas juga sangat rentan dengan larutan yang bersifat asam karena bisa mengikis lapisan perhiasan secara perlahan. Larutan ini biasanya ditambahkan pada produk pembersih rumah, piring, dan pakaian. Kenakan sarung tangan saat akan membersihkan rumah. Lebih baik lagi, jika anda melepas semua perhiasan agar tidak terkena zat asam ini.