Lifestyle
Nov25

6 Tips Mengatur Barang Bawaan di Dalam Bagasi Mobil

Butuh tips untuk mengatur barang-barang di dalam bagasi mobil yang efektif? Keberadaan bagasi mobil sangat membantu kita dalam menaruh barang-barang yang akan dibawa selama berkendara. Agar muat banyak, penempatan berbagai barang bawaan ini harus dilakukan dengan cerdik. Susunan barang yang rapi memungkinkan benda-benda tersebut tetap aman dan tidak rusak sampai tiba di tempat tujuan.

tips-mengatur-barang-di-bagasi-mobil.jpg

Biar lebih jelas, simak tips-tips menata bagasi dari Arafuru berikut ini :

  1. Apabila mobil yang anda miliki berjenis MPV atau SUV, sebaiknya di bagian bagasi bisa anda pasangi cargo net. Hal ini berfungsi untuk mencegah barang-barang bawaan tersebut jatuh keluar ketika anda membuka pintu bagasi. Di pasaran, cargo net ini dijual dengan harga berkisar antara Rp 100.000 sampai dengan Rp 200.000.
  2. Jika memungkinkan, hindarilah membawa koper berukuran besar dan seragam. Sebaiknya, gunakan koper dengan ukuran berbeda-beda, mulai dari yang besar hingga kecil. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan ruang bagasi dengan penataan yang lebih aman dan rapi.
  3. Pada umumnya, bentuk bagasi tidak balok melainkan menyempit ke atas. Untuk mengatur tata letak koper/barang yang efektif, sebaiknya barang berukuran besar dimasukkan pertama kali lalu diikuti barang yang lebih kecil. Dengan begini, bagasi akan lebih banyak memuat barang dan kondisi barang-barang tadi pun tidak saling berdesakan.
  4. Taruhlah koper yang bakal sering diambil di area paling mudah dijangkau. Dengan begini, anda tidak perlu membongkar bagasi di tengah perjalanan untuk mengambil koper tadi. Hal yang sama juga sebaiknya diterapkan saat anda mengatur benda-benda yang rawan rusak.
  5. Menaruh koper di atas mobil akan sangat berbahaya jika mobil anda tidak dilengkapi bagasi tambahan (roof rack). Selain barang bawaan tersebut rawan jatuh, hal ini juga akan mengganggu kestabilan laju mobil sehingga bensinnya lebih boros. Oleh karena itu, sebaiknya anda melengkapi mobil dengan roof rack mulai sekarang untuk berjaga-jaga bila suatu saat membutuhkannya.
  6. Jangan memaksakan diri membawa barang begitu banyak di dalam bagasi. Selain akan membuat beban mobil bertambah, kondisi barang-barang tadi juga belum tentu terjamin. Akan lebih efektif bila anda menggunakan jasa pengiriman barang untuk mengangkut sebagian benda-benda bawaan anda.

Selamat berkendara dengan aman! 🙂