Lifestyle
Jun9

6 Tempat Wisata di Kendal Paling Mengasyikan

Apakah anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata di Kendal? Kendal merupakan kabupaten yang terletak di antara Kabupaten Batang dan Kabupaten Semarang. Struktur geografisnya yang terletak di pesisir laut dan dataran tinggi, membuat obyek wisata di kabupaten ini mencakup pemandangan laut dan pegunungan. Selain itu, anda bisa menikmati wisata kuliner berupa olahan berbagai makanan yang sedap dan jajanan beraneka rupa khas dari kabupaten beribadat ini.

1. Pantai Sendhang Sekucing dan The Sea

Pantai Sekucing dan The Sea terletak di Kecamatan Rowosari dan merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Kendal. Sebenarnya, kedua pantai ini terletak di lokasi yang sangat berdekatan. Namun, suasana yang berbeda membuat anda wajib mengunjungi semuanya.

Pemandangan di Pantai Sendhang Sekucing dihiasi oleh panorama khas pesisir dengan jajaran pohon kelapa dan waru serta bentangan pasir yang hitam. Biaya tiket masuk yang lebih murah membuat pantai ini cocok anda kunjungi apabila sekadar ingin menghilangkan kepenatan, memancing, atau temu kangen dengan kolega. Bagi anda yang mengajak anak-anak, jangan ragu untuk merasakan sensasi asyiknya berenang di pantai ini serta mencari kerang yang banyak ditemukan di pinggir pantai.

Sedikit berbeda dengan Pantai Sendhang Sekucing, The Sea adalah pantai yang harus dikunjungi saat berlibur dengan anak-anak. Hal ini dikarenakan fasilitas permainan di tempat ini lumayan komplit. Anak-anak bisa bermain di area yang sudah disediakan, menunggangi kuda, dan mengendarai gocar. Jangan lewatkan juga kesempatan langka menaiki perahu dan berkeliling di sekitar pantai. Tidak hanya itu, di sini pun terdapat kebun binatang mini berisi hewan-hewan unik seperti merak, kasuari, tapir, primata, dan lain-lain.

air-terjun-curugsewu.jpg

2. Air Terjun Curug Sewu

Air Terjun Curugsewu adalah air terjun tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 80 meter. Sesuai namanya, air terjun ini terletak di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean. Uniknya, Air Terjun Curugsewu terdiri dari 3 tingkatan dengan ketinggian masing-masing yaitu 45 meter, 15 meter, serta 20 meter. Asyiknya, pada saat cuaca tertentu anda akan melihat pelangi yang terbentang indah melintasi air terjun ini. Untuk anda yang membawa anak-anak, anda bisa mencoba wahana permainan serta melihat aneka satwa di kebun binatang mini.

3. Gua Kiskendo

Kendal juga mempunyai wisata alam berupa Gua Kiskendo yang terletak di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo. Karena letaknya yang “tersembunyi”, para pengunjung yang datang diharuskan berjalan kaki menyusuri jalan setapak untuk menuju tempat ini. Namun rasa lelah yang melanda, kami jamin akan langsung sirna ketika melihat keindahan gua yang dipenuhi oleh stalaktit dan stalakmit. Di kawasan Gua Kiskendo ini juga terdapat Gua Kampret, Gua Tualangan, Gua Lawang, Gua Kempul, dan Gua Pertapaan. Asyiknya berwisata ke sini, anda dapat menyusuri ke dalam gua yang terdapat aliran sungainya. Sekedar bocoran, sebaiknya datanglah ke tempat ini saat musim durian. Kenapa? Karena kawasan ini ditumbuhi oleh banyak sekali pohon durian.

4. Pemandian Air Panas Gonoharjo

Berlanjut ke Kaki Gunung Ungaran atau tepatnya di Kecamatan Limbangan, anda akan menemukan suatu tempat pemandian air panas beraroma khas belerang. Itulah Pemandian Air Panas Gonoharjo. Di sini, setiap turis yang datang berkesempatan untuk berendam di air panas alami di tengah-tengah suasana alam yang asri.

5. Kolam Renang Tirto Arum

Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya yang bersifat alami, Kolam Renang Tirto Arum adalah suatu kolam renang buatan yang terletak di jantung Kota Kendal. Selain mencoba aneka wahana permainan air, di sini juga terdapat wahana permainan ketangkasan seperti flying fox, trampolin, dan sebagainya.

6. Pasar Weleri

Setelah berkeliling menikmati wisata di Kendal, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Nah, Pasar Weleri inilah tempatnya. Di dalam pasar terbesar di Kabupaten Kendal ini, anda bisa menjumpai berbagai hidangan lezat baik yang bercita rasa tradisional maupun modern. Ada bakso raksasa, aneka macam sate, berbagai masakan tradisional, dan jajanan pasar. Selain itu, bagi anda pencinta seafood, jangan lewatkan kesempatan mencicipi ikan, udang, kerang, cumi-cumi, dan rajungan yang masih fresh di pasar ini. Bagi anda yang mencari makanan khasnya, maka olahan sate keong khas Kendal kudu anda coba!