Lifestyle
Jul5

6 Keuntungan Tinggal di Rumah Mungil

keuntungan-rumah-mungil.jpg

Banyak yang tidak mengira keuntungan tinggal di rumah mungil sebenarnya cukup banyak. Salah satunya adalah mudahnya pemantauan kondisi bangunan dan kebersihan rumah. Nah, agar anda lebih menikmati tinggal di rumah yang mungil, berikut kami rangkumkan kelebihan-kelebihannya :

1. Suasana Kekeluargaan Lebih Terasa

Luas rumah yang kecil membuat seluruh keluarga lebih mudah berjumpa saat di dalam rumah. Hubungan kekeluargaan pun menjadi lebih kental. Berbeda dengan rumah luas yang kebanyakan sepi karena penghuninya lebih betah berada di kamar tidur.

2. Kebersihan Rumah Lebih Terjaga

Ukuran interior yang terbatas membuat anda lebih mudah memantau kondisi seluruh sudut rumah. Begitupun dalam hal pembersihannya, anda dapat membersihkan semua ruangan dengan lebih mudah dan lebih cepat. Bayangkan jika ruangan tersebut luas, tentu akan sangat merepotkan untuk memantau kondisinya setiap hari.

3. Biaya Perawatan Lebih Hemat

Pada umumnya, bentuk perawatan rumah dilakukan dengan membersihkan interior, memperbaiki perabotan yang rusak, serta menambahkan furnitur dan aksesoris. Terbatasnya ruangan yang bisa diolah, membuat biaya untuk membeli dan merawat rumah lebih terbatas/sedikit. Hal ini juga yang membuat anda bisa lebih menghemat pengeluaran lebih besar.

4. Lebih Mudah Dijual

Rumah mungil terbukti lebih laku dibandingkan dengan rumah berukuran besar. Salah satu penyebabnya adalah harga rumah yang relatif lebih murah. Di sisi lain, peminat rumah berukuran besar di Indonesia masih tergolong sedikit dan berasal dari kalangan tertentu saja.

5. Lebih Hemat Listrik

Mungilnya ukuran rumah membuat anda hanya memerlukan beberapa lampu saja sebagai penerangan di malam hari. Begitupun saat anda memakai AC, maka konsumsi listriknya jauh lebih sedikit. Sebaliknya, konsumsi listrik untuk lampu dan AC pada rumah berukuran luas akan meningkat tajam karena area jangkaunya juga lebih luas. Belum lagi dengan banyaknya barang-barang elektronik yang biasa memenuhi rumah bertipe ini.

6. Biaya Renovasi Lebih Sedikit

Setiap rumah harus direnovasi secara berkala agar kondisi bangunannya tetap terjaga. Pada rumah kecil, biaya renovasinya bisa ditekan karena material bangunan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Bandingkan jika anda tinggal di rumah yang luas, maka siap-siaplah merogoh kocek lebih dalam.