Lifestyle
Oct22

6 Kelebihan Gypsum sebagai Bahan Plafon Rumah

Berniat menggunakan gypsum sebagai bahan plafon rumah? Plafon atau langit-langit merupakan material non-struktural yang dipasang di bawah atap dan berfungsi untuk menciptakan kesan interior yang rapi. Ada cukup banyak bahan yang biasa digunakan sebagai plafon rumah. Salah satu yang paling terkenal adalah gypsum.

kelebihan-plafon-gypsum.jpg

Apa sajakah kelebihan dari plafon gypsum ini?

1. Lebih Tahan Terhadap Api

Gypsum merupakan material bangunan yang bersifat tidak menghantarkan panas dan tidak mudah terbakar. Apabila terkena api, hanya lapisan kertasnya saja yang akan terbakar, sementara lapisan material gypsum-nya akan segera mematikan nyala api tersebut.

2. Lebih Halus dan Lebih Rapi

Finishing yang dilakukan pada gypsum akan menghasilkan tampilan yang lebih halus dan rapi dengan mudah. Hal ini berkat bagian sambungan papan gypsum yang tidak terlihat karena saking tipisnya. Paling sering, plafon gypsum ini dipermak dengan cat dinding. Daya rekatnya yang sangat baik membuat cat mudah diserap.

3. Lebih Tahan Guncangan Gempa

Ketika terjadi gempa, biasanya plafon lah yang paling mudah roboh. Namun berbeda dengan plafon yang terbuat dari bahan gypsum ini. Kemampuanya yang dapat bertahan lebih lama memungkinkan pemilik rumah punya waktu lebih banyak untuk segera menyelamatkan diri.

4. Lebih Hemat Energi

Gypsum yang tidak menyerap panas ini akan bersifat lebih hemat energi terutama saat diaplikasikan pada ruangan ber-AC. Ruangan cepat dingin karena minimnya hawa panas yang harus diperangi sebelumnya. Hasilnya, energi listrik pun tidak terbuang percuma.

5. Lebih Fleksibel dan Lebih Ringan

Bahan gypsum dikenal memiliki tingkat fleksibilitas tinggi, sehingga mudah dibentuk sesuai rancangan yang telah direncanakan. Bobotnya pun lebih ringan daripada material lainnya, namun tetap kuat. Sementara itu, tingkat kelendutannya pun minim. Kelendutan adalah penurunan bidang datar yang terjadi pada plafon karena beban yang terbentuk antara daya material dengan luas bentangan.

6. Lebih Aman bagi Kesehatan

Pada dasarnya, gypsum dibuat tanpa bahan asbestos sehingga tidak berisiko memicu terjadinya penyakit kanker. Pun bahan ini juga mengandung VOC (volatile organic compound) yang sangat minim di bawah ambang batas. Yang tak kalah penting, radiasi yang ditimbulkan oleh gypsum juga jauh di bawah radiasi batu bata dan produk furniture rumah tangga.