Lifestyle
Sep19

5 Tips Terbaik dalam Memilih Pot Tanaman

tips-memilih-pot-tanaman.jpg

Ingin memilih pot terbaik untuk koleksi tanaman anda? Ada banyak kelebihan yang didapatkan jika anda berkebun dengan media pot. Sebut saja, pot membuat anda bisa lebih menghemat ruangan dan memudahkan dalam merawat tanaman. Menanam di pot juga dapat mempercantik tumbuhan yang hidup di dalamnya.

Agar anda bisa menemukan model pot yang terbaik, ikuti tips dari Arafuru ini :

1. Pastikan Pot Memiliki Lubang

Selalu pilih pot yang memiliki lubang drainase di bagian bawahnya. Tanpa lubang ini, pertumbuhan akar tanaman akan terganggu dan bisa mati. Namun apabila anda mempunyai pot cantik yang tidak memiliki lubang, anda tetap bisa menggunakannya sebagai pemanis saja. Triknya, cobalah menanamkan tumbuhan di pot yang lebih kecil, lalu taruh pot tersebut di dalam pot cantik tadi. Sedangkan jika pot yang tidak memiliki lubang itu terbuat dari plastik atau kayu, gunakan mata bor untuk melubangi sisi bawahnya.

2. Pot Gantung

Apabila anda menggunakan pot gantung, perhatikanlah keamanannya baik dari segi pot maupun penyangganya. Perlu diketahui, dalam kondisi basah, pot yang sudah berisi tumbuhan akan bobotnya akan semakin bertambah. Hal lainnya, tanah di pot gantung biasanya juga akan lebih cepat mengering. Karena itu, anda perlu menyiram tanaman gantung lebih sering.

3. Perhatikan Ukuran Pot dan Tanaman

Perhatikan seberapa banyak anda akan menanam tumbuhan di pot tersebut, selanjutnya pilih pot besar yang mampu menampung seluruh tanaman tersebut tanpa membuatnya berdesakan. Yang tak kalah penting, perhatikan juga bagaimana tingkat pertumbuhan masing-masing tanaman agar mampu tumbuh normal meski ditanam di pot.

4. Sesuaikan Bahan dan Warna Pot

Bahan pot yang tipis bisa menyebabkan kandungan air di pot lebih cepat menguap. Sebaliknya, untuk tanaman yang memerlukan kelembaban tinggi, anda bisa menggunakan pot berbahan keramik dan beton. Sedangkan pot kayu dan tanah cocok digunakan saat musim penghujan karena bisa mengatur kelembaban tanah. Sayangnya, kedua pot ini dikenal mudah rusak. Sementara untuk pot plastik harganya relatif lebih murah, tapi pot ini terlihat mengkilap yang kadang menyilaukan orang yang ingin menikmati keindahan tanaman. Dari segi warnanya. pot berwarna gelap mampu menyerap panas lebih banyak daripada pot berwarna terang.

5. Tanaman Besar dengan Pot Besar

Rencanakan dengan cermat jika anda ingin memelihara tanaman yang cukup besar dengan pot yang berat. Buatkan tempat khusus untuk pot tersebut jika anda ingin menaruhnya permanen. Sedangkan jika pot ingin dipindah-pindah, sebaiknya pot dilengkapi slider agar mudah digeser.