Lifestyle
Jun19

5 Tips Olahraga Saat Menjalani Puasa Ramadhan

Butuh tips-tips cerdas untuk menjalani olahraga saat menunaikan ibadah puasa di Ramadhan? Meskipun sedang berpuasa, anda tetap harus berolahraga agar tubuh senantiasa fit. Dengan menerapkan tips-tips yang tepat, olahraga pun dapat dilakukan dengan nyaman sampai tiba waktunya berbuka puasa.

tips-olahraga-saat-puasa-ramadhan.jpg

Orang Berolahraga

Biar tetap sehat dan bisa menunaikan ibadah puasa dengan baik, berikut ini tips-tips dari Arafuru yang bisa anda lakukan!

1. Jangan Pernah Memaksakan Diri

Jangan pernah memaksakan diri untuk berolahraga terlalu keras di atas kekuatan anda. Saat puasa, sebaiknya anda menghindari terlebih dulu latihan-latihan yang banyak menguras tenaga. Ingat bahwa kondisi anda saat ini berbeda dari hari-hari biasa dan lebih lemah. Memaksakan diri berolahraga secara berat justru bisa mengakibatkan anda mengalami cedera.

2. Pilih Olahraga yang Tidak Melelahkan

Sebaiknya anda melakukan olahraga-olahraga yang bersifat ringan dan gerakan yang tidak mengakibatkan kelelahan berlebih. Pilihan lainnya, kurangilah jam latihan dan intensitas olahraga apabila memang tidak kuat. Sebagai contoh, apabila anda biasanya berolahraga selama sejam, coba kurangi menjadi 30 menit. Begitupun dengan gerakan saat olahraga, disarankan untuk turut diperlambat.

3. Boleh Olahraga Saat Pagi, Tapi …

Jika anda sudah terbiasa berolahraga di pagi hari, sah-sah saja anda juga mengaplikasikannya ketika sedang berpuasa. Hanya saja, olahraga di pagi hari cenderung membuat tubuh merasa cepat haus akibat kelelahan. Untuk itu, hindarilah olahraga-olahraga yang bakal memicu keluarnya keringat dalam jumlah banyak sebab hal tersebut akan memicu dehidrasi. Bayangkan ketika tubuh terus mengeluarkan cairan, sementara tidak ada cairan yang diterimanya sama sekali.

4. Olahraga di Waktu Menjelang Berbuka

Waktu olahraga yang paling aman untuk orang yang sedang puasa ramadhan adalah ketika sore hari menjelang waktu berbuka. Anda bisa memulainya dari pukul 17.00, sehingga pada pukul 18.00 sudah tiba waktunya berbuka. Jadi ketika semua latihan hari ini sudah rampung dilakukan, anda bisa langsung menyantap makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

5. Olahraga Minimal 3 Kali Seminggu

Olahraga berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap segar dan bugar. Paling tidak, anda perlu berolahraga sebanyak 3 kali seminggu selama Bulan Ramadhan. Nah, supaya olahraga bisa menjadi agenda yang menyenangkan, anda bisa menjadikan kegiatan ini sebagai aktifitas ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.