5 Tips Merenovasi Rumah Sebelum Dijual

Bagaimana cara merenovasi rumah yang tepat? Ketika ingin menjual rumah, semua orang pasti menginginkan harga yang tinggi. Untuk mewujudkannya, anda harus membuat tampilan rumah anda terlihat sangat memikat hati calon pembeli. Akan tetapi, untuk menciptakan hal ini tidak sesederhana yang anda kira. Terutama dalam hal pengeluaran, biaya yang anda keluarkan untuk mendesain ulang rumah jangan sampai justru memperkecil keuntungan anda.

Berikut ini tips-tips selengkapnya :

1. Bersihkan Taman dan Jalan Setapak

Mulailah dari bagian eksterior rumah. Eksterior merupakan bagian yang teramat penting sebab suasana di bagian ini akan menciptakan kesan pertama pada target buyer anda. Jadi, sebisa mungkin buatlah kondisi jalan di sekitar rumah anda lebih baik daripada sekitarnya. Pastikan juga keindahan taman tetap terjaga dan terawat dengan baik.

2. Gerbang dan Pintu Utama

Masih di eksterior, pastikan kondisi gerbang rumah terawat bersih dan tidak ada karat yang melekat. Jika dana tersedia, anda bisa mengecat kembali memakai warna hitam pekat agar wujudnya tampak lebih kokoh. Sebagai tips tambahan, kebanyakan orang menyukai gerbang dan pintu yang terletak dalam satu garis lurus. Tata letak gerbang dan pintu seperti ini akan membuat rumah terlihat lebih indah dari luar.

3. Cat Ulang Seluruh Bagian Rumah

Seperti yang pernah kami bahas di sini, mengecat ulang masih menjadi cara yang paling ampuh untuk meningkatkan nilai rumah. Yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana memilih warna yang tepat dan disukai oleh calon pembeli anda. Silahkan lihat-lihat kembali pembahasan tentang cat dinding pada kategori warna.

4. Merenovasi Dapur

Jika anda tidak memperhitungkan anggaran biaya, merenovasi dapur justru bisa membuat anda rugi. Pasalnya ada banyak sekali bagian-bagian yang bisa dipercantik di ruangan ini. Anda harus berpikir kreatif dengan cukup mendesain ulang seperlunya saja. Misalnya adalah mengecat dinding, refinishing kabinet, dan sebagainya.

5. Jangan Lupakan Pencahayaan

Yang sering terlupa dilakukan adalah menyetel ulang pencahayaan rumah. Semua orang pasti membenci rumah yang terlihat gelap saat siang hari dan redup di malam hari. Maka solusinya adalah anda bisa membersihkan keseluruhan jendela yang ada di rumah tersebut. Dan untuk lampu penerangan, ganti semua lampu di rumah anda sehingga suasana interior tampak lebih lapang.