Lifestyle
Mar30

5 Tips Membuat Rumah Terasa Nyaman Sekali

Bagaimana tips membuat rumah terasa nyaman sekali? Idealnya, rumah harus menjadi sebuah tempat tinggal yang sarat akan kenyamanan, keharmonisan, kesehatan, kemakmuran, dan kebahagiaan. Akan tetapi, beberapa orang mengaku kesulitan dalam mewujudkan rumah yang ideal tersebut. Tak sedikit pula mereka yang merasa tidak betah tinggal di rumahnya.

Kebanyakan orang mengira rumah yang kurang nyaman disebabkan karena kesalahan desain, baik dari segi penataan maupun fasilitas kelengkapannya. Padahal faktor-faktor seperti kerukunan, kekompakan, dan sikap saling mengerti juga berpengaruh besar dalam mendukung kenyamanan seluruh penghuni rumah tersebut. Solusi untuk membuat rumah terasa nyaman sekali bisa anda simak berikut ini!

tips-membuat-rumah-terasa-nyaman.jpg

Interior Rumah yang Nyaman

1. Jagalah Kerapian di Dalam Rumah

Cara terbaik untuk menciptakan suasana rumah yang penuh dengan kenyamanan adalah menjaga kerapian rumah tersebut. Kelompokkan benda-benda yang dipakai setiap hari dan benda yang jarang digunakan. Atur posisi perkakas ini secara sejajar agar mudah digunakan dan tidak cepat berantakan. Berikan perhatian yang lebih pada area dapur dan kamar tidur, sebab kedua ruangan ini penuh dengan perabotan yang selalu dipakai setiap hari.

2. Jangan Tunggu Nanti, Kerjakan Segera

Memang terdengar membosankan dan melelahkan ya kalau kita harus membersihkan rumah setiap saat? Namun daripada anda membiarkan seisi rumah bak kapal pecah yang justru akan menurunkan mood seluruh anggota keluarga, lebih baik mulailah dari pekerjaan yang ringan dulu sebagai pemanasan. Misalnya, anda bisa menyapu lantai, mengelap kaca jendela, atau mengatur tata letak kursi dan meja. Bisa juga menyiram bunga di taman, mencabuti rumput-rumput liar, bahkan memangkas pohon yang rimbun. Kalau badan sudah terasa bugar, pekerjaan seberat apapun pasti akan menyenangkan.

3. Periksa Kondisi Keamanan di Lingkungan Rumah

Rumah tinggal yang aman tentu akan membuat anda sekeluarga merasa nyaman. Oleh sebab itu, pengecekan keamanan rumah harus dilakukan secara berkala agar anda tidak kecolongan. Mulailah dengan memeriksa sambungan kabel-kabel di rumah dan kondisi alat-alat listrik yang melengkapinya. Jangan lupa juga cek kembali kunci pintu, jendela, lemari, dan lain-lain, lalu perbaiki segara jikalau ditemukan kerusakan. Lebih bagus lagi bila anda melengkapi sistem keamanan rumah dengan memasang kamera CCTV.

4. Bersihkan Seluruh Rumah Tiga Bulan Sekali

Untuk menciptakan keluarga yang harmonis dan kompak sekaligus lingkungan rumah yang bersih, anda bisa membiasakan seluruh penghuni rumah bergotong-royong minimal tiga bulan sekali. Buatlah perencanaan pekerjaan yang masuk akal untuk masing-masing anggota keluarga. Sebagai contoh, ayah bertugas mengatur furnitur dan menjemur kasur, ibu bertugas membersihkan interior rumah, dan anak-anak merapikan halaman agar bisa sambil bermain. Kuncinya jangan bersikap terlalu kaku karena tujuan kegiatan ini lebih ke arah pembentukan karakter keluarga yang siap bekerjasama. Akhiri aktifitas gotong royong tersebut dengan acara makan-makan bersama.

5. Biasakan Hidup Secara Hemat

Ingat, hemat bukanlah pelit. Hemat merupakan sikap menggunakan uang sesuai kebutuhan dan tidak berfoya-foya. Fungsi sikap ini sangat berguna apabila anda memerlukan biaya mendadak, seperti untuk biaya pengobatan, keperluan sekolah anak, ataupun keinginan yang tiba-tiba sangat perlu. Dengan memiliki uang tabungan sendiri, diharapkan tidak terjadi lagi cekcok antara anda dan pasangan terutama tentang masalah keuangan. Alhasil, hubungan suami dan istri pun semakin lengket dan romantis.