Lifestyle
Mar26

5 Tips Membeli Barang Bekas untuk Hiasan Rumah

Bagaimana tips membeli barang bekas untuk hiasan bergaya vintage di rumah? Bagi para penyuka gaya vintage, berburu barang bekas memiliki sensasinya tersendiri. Dan lokasi paling favorit untuk hunting, tentu saja pasar barang bekas serta toko furnitur antik yang menjual benda-benda unik bekas pakai dengan harga miring.

tips-membeli-barang-bekas.jpg

Furniture Bekas

Di bawah ini 5 kiat membeli barang-barang bekas dari arafuru.com!

1. Siapkan Anggaran secara Matang

Sebelum anda memulai berburu barang bekas, anda perlu mempersiapkan anggaran belanjanya terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya “penyakit lapar mata” ketika anda sudah berada di pasar barang bekas. Susun perencanaan dengan matang dan berfokuslah pada benda-benda yang memang dibutuhkan saja. Jangan lupa, siapkan juga uang tunai secukupnya ya.

2. Konsentrasi pada Anggaran

Berburu benda-benda vintage memang sangat mengasyikkan. Begitu banyak furniture bekas yang bisa didapatkan dengan harga murah tanpa harus merogoh kocek sedalam mungkin. Namun ingat, anda harus tetap berkonsentrasi pada anggaran belanja yang telah disusun sebelumnya. Dahulukan mencari barang-barang yang memang sudah direncanakan sejak awal. Jika masih ada sisa waktu dan uang, anda bisa menikmati keindahan barang-barang bekas lainnya.

3. Lihat-lihat Dulu, Beli Belakangan

Di pusat perbelanjaan barang antik memang ada banyak sekali benda yang menarik untuk dikoleksi. Akan tetapi, hindari membelinya secara langsung dan terkesan terburu-buru. Lihatlah kondisi sekeliling pasar terlebih dahulu. Kalau perlu, tanyakan harga barang tersebut di satu tempat lalu bandingkan dengan harga barang sejenis di tempat-tempat lain. Telusuri setiap sudut pasar untuk menemukan barang vintage yang paling istimewa.

4. Jangan Sungkan Menawar Harga

Salah satu sensasi yang didapatkan dari hunting barang vintage adalah proses tawar-menawar. Walaupun kelihatannya harga awal sudah murah, namun anda jangan sungkan untuk menawar. Usahakan selalu menawar harga setiap kali anda ingin membeli suatu barang. Tidak hanya anda saja yang melakukannya kok, orang-orang lain juga bahkan lebih jago menawar. Mulailah membuka tawaran 50% dari harga yang diminta penjual, lalu dinaikkan secara perlahan apabila belum deal.

5. Dandani Diri dengan Ala Baheula

Lebih afdol lagi, ketika berniat pergi ke pasar barang bekas, anda mendadani diri dengan busana ala vintage. Kenakan baju yang nyaman dan bergaya kasual. Kalau bisa, pilih pakaian berwarna cokelat muda dan putih karena kedua warna ini identik sekali dengan gaya tempo dulu. Tak usahlah memakai gelang, cincin, jam tangan, atau aksesoris-aksesoris mewah lainnya. Lebih disarankan, taruhlah uang di saku baju/celana tanpa dompet agar kesan jaman dulunya semakin kental.