Lifestyle
Jun23

5 Tips Makan agar Tidak Cepat Lapar saat Puasa

Bagaimana tips agar tidak cepat lapar saat puasa? Ketika berpuasa, sistem pencernaan akan “kosong” selama kurang lebih 14 jam. Jadi wajar apabila kita merasakan lapar dan haus pada saat menunaikan ibadah yang wajib ini.

tips-agar-tidak-cepat-lapar.jpg

Makanan Berprotein Tinggi

Walaupun begitu, ada kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk menyiasati lapar yang datang terlampau cepat ketika berpuasa. Apa saja?

1. Konsumsi Makanan yang Berprotein Tinggi

Tahukah anda, pencernaan protein oleh tubuh lebih lama dibandingkan dengan zat-zat makanan yang lainnya. Artinya ketika anda mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, anda memiliki bekal nutrisi bertahan lama untuk diolah menjadi energi sehingga tidak cepat lapar. Bahan makanan yang kaya akan kandungan protein antara lain telur, ikan, daging, tahu, dan tempe.

2. Makan Sayur-mayur dan Buah-buahan

Sayur-mayur dan buah-buahan merupakan bahan makanan yang bagus dikonsumsi saat berpuasa karena bisa menahan lapar lebih lama. Hal ini tidak lain karena kedua bahan makanan tersebut mengandung serat yang begitu tinggi. Proses pencernaan serat dilakukan lebih lama sehingga memungkinkan tubuh tetap merasa kenyang.

3. Pilih Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga sangat disarankan dikonsumsi waktu berpuasa sebab bisa menjaga kadar gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Contoh dari makanan berkarbohidrat kompleks adalah gandum dan beras merah. Sebaliknya, makanan berkarbohidrat murni sebaiknya dihindari karena cepat dicerna tubuh dan diolah menjadi energi. Akibatnya, orang yang sedang berpuasa pun merasa cepat lapar. Contoh makanan-makanan berkarbohidrat murni di antaranya gula, madu, kecap, dan cokelat.

4. Hindari Makanan yang Tidak Menyehatkan

Direkomendasikan hindari mengonsumsi makanan-makanan yang tidak menyehatkan seperti gorengan, makanan instan, snack, dan makanan berpengawet. Selain karena akan meningkatkan timbunan lemak di dalam tubuh, makanan-makanan semacam ini pun bisa mempercepat perasaan lapar selama berpuasa. Selain itu, hindari juga makanan bercitarasa pedas dan makanan berkafein, terutama bagi penderita maag agar kesehatan anda tidak terganggu ketika menunaikan puasa.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih berguna untuk mencukupi kebutuhan cairan harian anda. Idealnya, setiap orang harus meminum air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari. Intensitas tersebut bisa ditingkatkan menjadi 9-10 gelas air putih per hari selama anda berpuasa. Di samping air putih, minuman-minuman yang bagus dikonsumsi saat berpuasa ramadhan misalnya air kelapa, air elektrolit, serta air jus buah dan sayuran.