5 Tips Kuat Puasa untuk Ibu Rumah Tangga

Bulan Ramadhan tiba sebentar lagi. Itu artinya seluruh umat muslim di dunia wajib berpuasa. Menahan diri untuk tidak makan dan tidak minum serta hal-hal yang membatalkan puasa yang lainnya tentu menantang sekali. Khususnya buat Anda yang berperan sebagai ibu rumah tangga. Meskipun kelihatannya pekerjaan Anda ringan, tetapi faktanya tugas seorang ibu rumah tangga justru lebih berat daripada pekerja kantoran.

Apalagi saat berpuasa, pekerjaan Anda sehari-hari terasa semakin berat. Di satu sisi Anda harus mengurus diri sendiri, namun di sisi lain seluruh anggota keluarga lainnya membutuhkan bantuan Anda. Anda harus mampu berkompromi dengan kondisi tubuh yang begitu lelah, lapar, dan haus saat berpuasa agar tetap bisa berperan sebagai ibu rumah tangga yang baik. Semua ini wajib Anda siapkan dengan matang sebelumnya.

tips-ibu-rumah-tangga.jpg

Rahasianya terletak pada manajemen waktu dan tenaga. Dengan mengatur waktu sebaik-baiknya, maka Anda tetap bisa bertindak sebagai ibu rumah tangga sekaligus menunaikan ibadah lainnya selama Bulan Ramadhan. Sebisa mungkin hindari melakukan terlalu banyak aktivitas yang ada akhirnya justru menguras tenaga Anda. Susunlah jadwal waktu yang efektif untuk membuat Ramadhan Anda menjadi lebih produktif.

Berikut beberapa tips buat ibu rumah tangga yang ingin tetap berenergi saat menunaikan ibadah puasa.

Tips 1. Pastikan Anda Mendapatkan Tidur Siang

Masalah utama yang dihadapi oleh para ibu rumah tangga selama Bulan Ramadhan ialah kurang tidur. Ada pekerjaan tambahan yang menyita banyak waktu tidur Anda terutama yaitu sahur. Jadi Anda perlu merencanakan waktu tidur sebaik mungkin agar tetap bisa mendapat durasi selama 7 jam/hari. Untuk menyiasatinya, Anda harus tidur di siang harinya. Disarankan tidurlah setelah sholat dhuhur hingga menjelang waktu ashar. Jangan lupa ajak juga anak-anak Anda.

Tips 2. Atur Pola Makan dengan Diet yang Sehat

Kualitas makanan yang Anda konsumsi jauh lebih penting daripada kuantitasnya. Bukan masalah jumlah porsinya, tetapi kandungan gizi yang terdapat di dalam bahan makanan tadi. Anda sebaiknya memilih makanan-makanan yang sehat untuk dihidangkan saat berbuka dan sahur. Terutama yaitu sayur, ikan, dan buah. Untuk sementara waktu, hindari makanan yang kurang sehat seperti kopi, gorengan, makanan berlemak, dan makanan pedas. Terapkan pola makan dengan diet yang sehat.

Tips 3. Ajak Anak untuk Membantu Anda

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang bersikap lemah terhadap anak-anaknya ketika berpuasa. Mereka merasa kasihan melihat anak-anaknya yang lemas sehingga membiarkannya tetap berbaring di atas kasur. Padahal sikap seperti ini kurang bagus bagi anak tersebut. Dia akan tumbuh menjadi seorang pemalas jika Anda terus membiarkannya. Buatlah anak Anda tetap produktif selama berpuasa. Anda bisa mengajaknya bersih-bersih rumah atau menyiapkan hidangan untuk berbuka. Pasti dia menyukainya.

Tips 4. Stop, Jangan Memakan Semuanya!

Seseorang yang tengah berpuasa pasti akan mengalami lapar mata ketika waktu berbuka akan tiba. Sehingga tak jarang ketika Anda sedang asyik ngabuburit, sepulangnya Anda membeli makanan yang begitu banyak. Makanan tersebut memang terasa enak dan lezat. Tetapi belum tentu kalau bermanfaat bagi tubuh Anda. Anda justru akan merasa malas dan sulit bergerak kalau kekenyangan saat berbuka. Akibatnya yaitu Anda akhirnya enggan melaksanakan sholat tarawih dan ibadah-ibadah lainnya.

Tips 5. Masak Hidangan yang Mudah dan Cepat

Usahakan Anda telah membuat jadwal makanan-makanan yang akan dibuat selama Bulan Ramadhan. Jadwal tersebut akan mempermudah Anda memikirkan makanan apa yang hendak disajikan ke keluarga. Pilihlah menu yang gampang dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama dalam pengolahannya. Namun bukan berarti Anda harus menggunakan produk makanan instan loh ya. Anda sebaiknya tetap menggunakan bahan-bahan yang segar sehingga manfaat yang didapatkan lebih bagus untuk keluarga.