Lifestyle
Sep15

5 Stadion Sepakbola yang Menggunakan Rumput Sintetis

Ada nggak sih stadion sepakbola yang menggunakan rumput sintetis? Dengan terus berkembangnya teknologi di bidang arsitektur, kini lapangan sepakbola sudah bisa memakai rumput sintetis. Kelebihan penggunaan rumput buatan ini daripada rumput alami yaitu proses perawatannya sangat mudah dan membutuhkan biaya yang tidak banyak. Hal ini dikarenakan rumput sintetis tidak perlu disiram, dipupuk, atau dipangkas sama sekali.

Oleh karena itu, stadion olahraga di beberapa negara lebih memilih menggunakan rumput sintetis khususnya lapangan umum yang memiliki intensitas penggunaan tinggi. Tetapi pemakaian rumput sintetis untuk lapangan olahraga ini masih mengundang sejumlah kontroversi. Salah satu alasannya ialah rumput sintetis dianggap tidak aman. Seseorang yang terjatuh di atas rumput sintetis dinilai akan mengalami risiko cedera yang lebih tinggi.

Namun apapun rumput yang digunakan, sepakbola tetaplah sepakbola. Permainan sepakbola tidak akan pernah hilang keindahannya meskipun dimainkan di atas lapangan yang memiliki rumput tidak terawat sekalipun. Bahkan permainan ini juga tetap kelihatan menarik pada saat dimainkan di atas tanah yang gersang. Faktanya adalah sejumlah stadion ternama justru menggunakan rumput sintetis sebagai pilihan utamanya.

  1. Old Trafford

Old Trafford boleh dikatakan sebagai pelopor stadion sepakbola yang memanfaatkan rumput buatan untuk alasnya. Tercatat bahwa markas dari Manchester United ini kali pertama menggunakan rumput sintetis pada tahun 2013. Alasannya karena rumput di stadion ini gampang rusak ketika cuaca buruk datang. Rumput yang dipakai merupakan rumput sintetis berkualitas terbaik yang terbuat dari bahan hybrid produksi Desso Grass Master.

  1. California Memorial Stadium

California Memorial Stadium terletak di Universitas Berkeley, Amerika Serikat. Diketahui bahwa stadion ini merupakan markas dari California Golden Bears. Stadion yang diresmikan pada tahun 1923 ini sudah dipakai untuk menggelar berbagai laga sepakbola yang penting, terutama pertandingan di level universitas. Bahkan beberapa klub sepakbola sekelas Real Madrid pun pernah menggunakan stadion ini sebagai tempat untuk uji coba permainan sepakbola.

  1. Donbass Arena

Donbass arena yang menjadi markas dari Shakhtar Donetsk juga tak mau ketinggalan dalam menggunakan rumput sintetis. Tetapi pemakaian rumput sintetis di stadion ini tidak dilakukan secara menyeluruh, melainkan hanya di beberapa sudut lapangan yang dirasakan perlu. Rumput tersebut digabungkan bersama rumput alami dengan sistem hibrid. Rumput sintetis yang dipakai oleh Donbass Arena sendiri adalah buatan perusahaan asal Belgia bernama Desso Sport Systems.

  1. Leo Stadium

Salah satu liga sepakbola di Asia Tenggara yang mempunyai kualitas paling baik apalagi kalau bukan liga dari Negara Gajah Putih. Liga sepakbola asal Thailand memang diselenggarakan dengan sangat serius. Begitu pula dengan stadionnya yang telah dibangun dengan baik sekali. Salah satu stadion sepakbola di Thailand yang sudah mencoba penggunaan rumput sintetis ialah Leo Stadium. Ini merupakan kandang dari Bangkok Glass FC yang memakai rumput sintetis berstandar AFC.

  1. Progresif Football

Progresif Football sebenarnya bukan stadion sepakbola, tetapi hanyalah lapangan sepakbola. Posisi lapangan ini berada tidak jauh dari stadion Gelora Bandung Lautan Api. Rumput sintetis yang dipakai sudah memenuhi standari FIFA dan diimpor langsung dari Italia. Jadi buat Anda merasa yang penasaran seperti apa sih rasanya bermain sepakbola di atas lapangan yang dilapisi rumput sintetis, silakan Anda bisa mampir ke lapangan Progresif Football ini.