Lifestyle
Mar31

5 Perbedaan Antara Tumbuhan Lumut dan Paku

perbedaan-tumbuhan-lumut-dan-paku.jpg

Menanam tumbuhan lumut dan paku (pakis) di taman rumah akan semakin mempercantik penampilannya. Jenis-jenisnya yang banyak juga mempermudah kita untuk menemukan mana yang cocok.

Biasanya, lumut dan paku digunakan untuk menyelimuti tanah agar tampak hijau dan segar. Akhir-akhir ini juga mulai marak vertical garden yang menggunakan kedua jenis tumbuhan ini.

Mengingat bentuknya yang hampir mirip, kebanyakan orang mengira kedua jenis tumbuhan ini adalah sama. Namun sebenarnya ada banyak perbedaan-perbedaan antara lumut dan tumbuhan paku, antara lain :

1. Menurut Letak Spora

Produksi spora pada tumbuhan lumut terletak di ujung tangkai tunasnya dengan bentuk kapsul. Sedangkan pada tumbuhan paku, letak produksi spora berada di bawah daun.

2. Menurut Struktur Tubuh

Mayoritas tumbuhan lumut tidak mempunyai daun sejati. Tumbuhan ini hanya memiliki tunas kecil di tubuhnya. Satu-satunya lumut yang memiliki daun sejati berukuran kecil adalah lepidodendron yang kini sudah punah. Sementara itu, semua tumbuhan paku memiliki daun majemuk besar yang berbentuk selebaran.

3. Menurut Sistem Vaskular

Di tanah yang kering dan minim air, tumbuhan lumut tidak mampu bertahan hidup. Sedangkan pakis masih mampu bertahan karena adanya sistem vaskular yang dimilikinya.

4. Menurut Ukuran

Tumbuhan lumut hanya mampu tumbuh sampai ukuran beberapa sentimeter saja. Sebaliknya, tumbuhan paku mampu tumbuh tinggi menjulang. Salah satu penyebabnya adalah tumbuhan paku mempunyai xilem dan floem yang tidak dimiliki oleh lumut.

5. Menurut Jenis Akar

Jenis akar dari tumbuhan lumut adalah rizoid, atau biasa kita sebut akar tunggang. Sedangkan untuk tumbuhan pakis, akar yang dimiliki berupa akar serabut (rhizoma).