Lifestyle
Aug8

5 Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan

manfaat-bunga-melati.jpg

Siapa sangka di balik wanginya, tersimpan banyak manfaat bunga melati bagi kesehatan. Tanaman bernama ilmiah Jasminm Sambae ini merupakan tanaman yang mudah dipelihara di rumah. Biasanya, masyarakat Indonesia memanfaatkan bunga melati dan bunga mawar sebagai wewangian alami dan upacara adat.

Pada umumnya, bagian bunga melati memiliki rasa yang pedas dan sejuk. Bagian ini biasanya digunakan untuk menurunkan demam dan keperluan mengurut. Sedangkan, bagian daun melati berkhasiat sebagai anti radang, melancarkan pernapasan, peluruh kencing, dan rasanya pahit. Sementara itu, akar dari tanaman melati juga memiliki rasa pahit dan bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit alias pemati rasa.

Nah, berikut ini beberapa ramuan herbal yang dibuat dengan memanfaatkan tanaman bunga melati :

1. Obat Mata

Bagi anda yang sedang mengalami keluhan pada mata, baik berupa iritasi, kemerahan, maupun belekan, cobalah memanfaatkan bagian daun dan bunga melati. Ambil segenggam daun melati dan bunganya, lalu cuci bersih. Rebuslah bahan-bahan ini dengan air secukupnya. Setelah mendidih, angkat dari kompor dan dinginkan. Air rebusan dapat digunanan untuk mencuci/merimbang mata yang sakit.

2. Flu

Khasiat bunga melati selanjutnya adalah untuk menyembuhkan penyakit influensa atau pilek. Ambil 6 gram bunga melati kering, 2 batang daun bawang putih, dan 5 gram jahe. Rebus semuanya dengan air sebanyak 400 cc sampai tersisa 200 cc. Saringlah dan airnya diminum hangat-hangat.

3. Demam dan Diare

Yang tak kalah manjur, melati juga berkhasiat sebagai obat demam dan diare. Caranya rebuslah 6 gram bunga melati kering, 30 gram kapulaga, dan 10 gram teh hijau di dalam 500 cc air mendidih. Masaklah bahan-bahan ini sampai air hanya tinggal 200 cc. Jangan lupa disaring untuk memisahkan ampas-ampasnya. Minum secara rutin 3 kali sehari.

4. Gigitan Serangga

Apabila anda digigit serangga dan menimbulkan bengkak pada kulit bekas gigitan tersebut, anda bisa memanfaatkan bagian daun melati sebagai obatnya. Petiklah 3 lembar daun melati yang tua. Cuci dengan air bersih untuk menghilangkan kotorannya. Setelah itu, tumbuk kasar daun-daun melati tersebut. Terakhir, tempelkan pada bagian yang sakit.

5. Sesak Napas

Asma atau sesak napas sering terjadi tak terduga. Untuk menghindarinya, konsumsilah minuman melati setiap hari. Adapun cara membuatnya, siapkan bahan-bahan berupa 15 gram bunga melati dan 15 gram jahe. Cuci bahan-bahan ini sampai bersih lalu rebuslah dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc. Saringlah dan minum per 100 cc serasa rutin dan dalam keadaan hangat.