Lifestyle
Jun24

5 Kelebihan Membeli Rumah Secara Tunai (Cash)

kelebihan-membeli-rumah-secara-tunai.jpg

Apa kelebihan membeli rumah secara tunai? Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang berfungsi sebagai tempat tinggal. Jumlah penduduk yang semakin bertambah, membuat permintaan akan rumah semakin meningkat. Karena itulah, harga rumah yang sudah terbilang mahal ini terus mengalami kenaikan.

Ada dua sistem pembayaran dalam transaksi jual beli rumah, yaitu tunai dan kredit. Pembelian secara tunai akan melibatkan pihak penjual dan pembeli. Sedangkan, pada transaksi secara kredit pihak bank sebagai pengutang juga turut terlibat dalam transaksi tersebut.

Di bawah ini kelebihan-kelebihan yang akan anda dapatkan ketika membeli rumah secara tunai.

1. Harga Lebih Murah

Sama seperti pembelian produk lainnya, kredit rumah menuntut anda melunasi harga dengan sistem cicilan di mana terdapat suku bunga di dalamnya. Jika kita hitung kembali dengan menjumlahkan semua uang cicilan yang harus dibayarkan, belum disertai bunga, maka sudah terlihat perbedaan harga yang mencolok antara pembayaran tunai dan kredit. Meskipun dengan sistem kredit, pembayaran akan terasa lebih ringan. Namun ketika anda sudah memiliki uang yang cukup, pilihlah sistem tunai untuk mendapatkan harga properti yang lebih murah.

2. Proses Lebih Mudah

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, pihak bank akan terlibat di transaksi apabila anda membeli rumah dengan sistem kredit. Berbeda saat anda membayarnya secara tunai, maka anda hanya berurusan dengan pihak penjual. Meskipun antara sistem tunai dan kredit sama-sama mengharuskan anda mengurus berkas-berkas rumah. Setidaknya, membayar secara cash akan lebih memudahkan anda karena tidak melewati serangkaian prosedur di bank.

3. Tidak Ada Biaya Administrasi

Pada proses pengajuan KPR, biasanya anda harus mengeluarkan biaya-biaya untuk mengurus berkas-berkas yang diperlukan. Setelah pengajuan diterima, anda pun masih harus mengeluarkan biaya administrasi dan suku bunga. Sangat berbeda dengan pembelian secara tunai, anda hanya perlu mengeluarkan biaya atas harga rumah tersebut saja.

4. Terbebas dari Aturan-aturan

Peraturan yang berlaku pada saat pembelian rumah secara tunai, biasanya tidak serumit peraturan yang dimiliki oleh produk KPR dari bank. Begitupun saat pembayaran telah dilakukan, maka anda langsung terbebas dari peraturan-peraturan yang mengikat. Hal ini menciptakan kesan psikologi pada penghuni rumah, sehingga rumah tampak lebih ceria.

5. Lebih Aman

Pembelian rumah secara tunai membuat anda otomatis menjadi pemilik rumah tersebut. Anda pun terbebas dari bayang-bayang kemungkinan rumah akan berpindah tangan. Sebaliknya, pada sistem kredit anda ibarat pengontrak rumah sehingga harus membayarkan sejumlah uang setiap bulannya dalam kurun waktu tertentu.

Kesimpulan :

Antara pembelian rumah secara tunai maupun kredit, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Kuncinya adalah sesuaikan bentuk pembayaran ini dengan kemampuan dan kebutuhan anda sekeluarga. Selamat membeli rumah baru!