Lifestyle
Oct30

5 Ide Membuat Hiasan Natal Unik dari Bahan Bekas

Ingin membuat hiasan natal yang menarik dari barang-barang bekas? Natal tiba sebentar lagi. Satu yang tak boleh ketinggalan adalah menghiasi rumah dengan dekorasi khas natal. Bagaimana jika untuk natal tahun ini, kita akan menyulap benda-benda tak terpakai menjadi aksesoris ruangan yang unik?

hiasan-natal-dari-barang-bekas.jpg

Tertarik mencobanya?

1. Karangan Bunga dari Bingkai Foto

Punya bingkai foto yang tak dipakai di rumah? Daripada terus disimpan, anda bisa mengubahnya menjadi karangan bunga yang unik. Caranya, balutlah bingkai tersebut dengan dedaunan segar, paling pas jika menggunakan daun cemara. Gunakan lem dan kawat untuk memperkuat kedudukan daun-daun ini. Kemudian, tambahkan bola hias khas natal di beberapa titik. Karangan bunga ini bisa digantung di pintu maupun dinding interior.

2. Replika Kado dari Kotak Styrofoam

Dalam dekorasi khas natal, kado juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan ruangan lho. Ruangan yang dipenuhi dengan kado-kado ini akan terasa lebih akrab dan gembira. Untuk membuatnya, siapkanlah beberapa buah kotak styrofoam. Selanjutnya, bungkuslah kotak-kotak ini dengan kertas berwarna merah polos. Lalu, ikat dengan pita hijau di atasnya. Box kado replika ini bisa anda tempelkan di dinding atau disusun sedemikian rupa di sudut ruangan. Bisa juga kotak-kotak ini diisi terlebih dulu dengan sesuatu yang unik, seperti foto, lukisan, atau puisi.

3. Pohon Natal dari Ranting Kering

Jika biasanya anda memakai pohon cemara untuk menghidupkan interior rumah, cobalah sekali-kali menggantinya dengan ranting kering. Langkah-langkahnya, tebanglah batang pohon apa saja sepanjang satu meter dihitung dari bagian pucuk daun. Usahakan batang tersebut memiliki ranting yang banyak agar terlihat semakin menarik. Kemudian, buang semua daun pada batang tersebut berikut kulit arinya sampai bersih. Lalu, jemur selama tiga hari agar mengering. Setelah kering, anda bisa mengecatnya memakai warna perak. Berikutnya, siapkan satu pot ukuran besar berisi pasir kering dan tancapkan batang tadi ke dalamnya. Hiasi pohon ranting ini dengan bola-bola natal dan aksesoris lainnya.

4. Tempat Kartu Natal dari Tangga Bambu

Bagi anda yang masih bingung untuk meletakkan kartu natal di posisi yang menarik, anda bisa membuat tangga bambu mini. Tangga ini dibuat dari potongan dua buah bambu hijau sepanjang satu meter dan bilah-bilah bambu sebagai anak tangganya. Sandarkan tangga ini di dinding, lalu lilitkan tali berwarna-warni. Terakhir, selipkan kartu natal pada anak-anak tangganya. Tangga pun akan langsung menjadi perhatian ruangan.

5. Aksesoris Lampu dari Origami Terbang

Siapa tak mengenal origami? Kami yakin anda pasti sudah pandai membuat beraneka bentuk origami. Ternyata, origami juga bisa dijadikan hiasan natal yang sangat indah. Kuncinya, anda perlu menyesuaikan warna kertas yang digunakan agar khas natal, seperti merah, putih, hijau dan emas. Buatlah berbagai bentuk origami, mulai dari angsa, ikan, burung merpati, perahu, pesawat, robot, dan sebagainya. Selanjutnya, ikatkan tali panjang agar origami ini bisa digantung di tengah-tengah ruangan. Biar lebih seru, anda bisa mengajak semua anggota keluarga membuat bentuk yang berbeda-beda.