Lifestyle
Aug6

4 Tanaman Herbal untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

cara-mengatasi-tekanan-darah-tinggi.jpg

Bagaimana cara mengatasi tekanan darah tinggi menggunakan tanaman herbal? Seseorang dikatakan mengidap tekanan darah tinggi apabila setelah diukur menggunakan tensimeter menunjukkan angka di atas 140 mm hg. Menurut penyebabnya, tekanan darah tinggi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu tekanan darah tinggi esensial dan sekunder. Pada tekanan darah tinggi esensial, terjadi jika tekanan darah seseorang tiba-tiba meningkat secara drastis meskipun sebelumnya orang tersebut terlihat segar bugar.

Sedangkan, tekanan darah sekunder umumnya disebabkan oleh penyakit seperti penyakit pada ginjal, rematik, kolesterol tinggi, kencing manis, dan gangguan jantung. Faktor keturunan dan lingkungan juga dapat memicu terjadinya penyakit ini.

Orang yang mengalami tekanan darah tinggi umumnya akan merasakan pusing, pegal-pegal, dan bagian tengkuk kaku. Selain itu, terdengar denging nyaring di telinga dan detak jantung berdebar lebih cepat dari biasanya.

Bagi anda mengidap penyakit ini, biasakanlah untuk memberlakukan pola hidup sehat dan hindari aktifitas yang bisa menimbulkan stres. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari antara lain daging kambing, durian, makanan asin, kopi, dan alkohol. Biasakan juga untuk memakan sayuran hijau dan buah-buahan segar.

Beberapa tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat, antara lain :