4 Tanaman Herbal untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Bagaimana cara mengatasi tekanan darah tinggi menggunakan tanaman herbal? Seseorang dikatakan mengidap tekanan darah tinggi apabila setelah diukur menggunakan tensimeter menunjukkan angka di atas 140 mm hg. Menurut penyebabnya, tekanan darah tinggi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu tekanan darah tinggi esensial dan sekunder. Pada tekanan darah tinggi esensial, terjadi jika tekanan darah seseorang tiba-tiba meningkat secara drastis meskipun sebelumnya orang tersebut terlihat segar bugar.

Sedangkan, tekanan darah sekunder umumnya disebabkan oleh penyakit seperti penyakit pada ginjal, rematik, kolesterol tinggi, kencing manis, dan gangguan jantung. Faktor keturunan dan lingkungan juga dapat memicu terjadinya penyakit ini. Orang yang mengalami tekanan darah tinggi umumnya akan merasakan pusing, pegal-pegal, dan bagian tengkuk kaku. Selain itu, terdengar denging nyaring di telinga dan detak jantung berdebar lebih cepat dari biasanya.

Bagi anda mengidap penyakit ini, biasakanlah untuk memberlakukan pola hidup sehat dan hindari aktifitas yang bisa menimbulkan stres. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari antara lain daging kambing, durian, makanan asin, kopi, dan alkohol. Biasakan juga untuk memakan sayuran hijau dan buah-buahan segar.

Beberapa tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat, antara lain :

1. Daun Seledri

Ambilah lima batang daun seledri lalu cuci dengan air sampai bersih. Batang-batang daun seledri tersebut lantas ditumbuk sampai halus. Kemudian rebus tumbukan tersebut dengan segelas air sampai mendidih. Saring dan minum airnya sebanyak dua kali sehari selama tiga hari.

2. Lobak Putih

Pertama-tama, cucilah umbi lobak putih hingga bersih. Selanjutnya, parut dan peras untuk mengambil air sarinya. Minum air lobak ini ditambah dengan madu saat pagi dan sore.

3. Kunyit

Selain berkhasiat untuk mengatasi maag, kunyit juga berguna untuk menormalkan kembali tekanan darah di dalam tubuh. Parutlah beberapa rimpang kunyit lalu peras untuk diambil sarinya. Agar lebih nikmat, jamu kunyit bisa dinikmati bersama gula jawa atau madu. Minumlah secara rutin dua kali sehari.

4. Buah Pace

Buah pace yang bisa digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah buah yang matang. Adapun caranya yaitu peraslah buah tersebut sampai keluar air sarinya. Minum secara rutin dua kali sehari. Anda bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit yang menyengat pada buah pace ini.