Lifestyle
Mar30

4 Perbedaan Cat Interior dan Cat Eksterior

perbedaan-cat-interior-dan-eksterior.jpg

Cat interior dan eksterior sebenarnya mempunyai sifat yang berbeda. Cat eksterior tidak selalu lebih baik jika dibandingkan dengan cat interior. Cat interior diformulasikan untuk lebih bagus dalam pewarnaan dan pembersihan. Sedangkan, cat eksterior diformulasikan untuk mencegah cepat memudar dan anti jamur. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menggunakan jenis cat yang benar pada pengerjaan proyek pewarnaan suatu rumah.

Semua cat memiliki empat macam zat penyusun, antara lain pelarut, resin, zat aktif, dan pigmen.

  • Pelarut biasanya berupa air (untuk cat lateks) atau cairan mineral (untuk cat minyak). Fungsi pelarut adalah untuk mencairkan dan melarutkan komponen-komponen penyusun cat. Cat berkualitas rendah biasanya memakai pelarut dalam jumlah yang lebih banyak. Sifat pelarut lainnya adalah bisa menguap sehingga cat mengering, dan menyisakan resin, aditif, dan pigmen di dinding.

  • Resin berfungsi sebagai pengikat pigmen (warna) agar melekat di dinding. Bahan pembuat resin ini adalah akrilik, epoxy, atau silikon.
  • Aditif adalah suatu bahan kimia tambahan untuk melindungi properti dengan media cat. Beberapa zat aditif juga berfungsi mencegah jamur dan membuat cat tidak cepat memudar. Selain itu, aditif ini juga sanggup menjadikan permukaan cat bisa dibersihkan dan mendukung proses pengecatan agar lebih gampang.
  • Pigmen ditambahkan untuk memberikan warna pada cat. Bentuk dari pigmen ini adalah bubuk dan tidak larut. Pigmen warna akan menempel ke dinding karena adanya resin di dalam cat.

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara cat interior dengan cat eksterior :

Perbedaan I :

Cat interior dibuat dengan bahan-bahan yang membuatnya lebih mudah dibersihkan, tahan terhadap goresan, anti noda, dan hasil pewarnaan yang lebih baik. Sedangkan, cat eksterior dibuat dengan bahan-bahan yang membuatnya tahan lama, anti jamur, dan tidak cepat memudar.

Perbedaan II :

Cat interior dan eksterior seringkali menggunakan jenis resin yang berbeda untuk mengikat pigmen di dinding. Cat eksterior harus bersifat fleksibel terhadap perubahan suhu dan kelembaban yang tinggi, sehingga resin yang digunakan membuat cat ini lebih lembut. Cat eksterior harus tahan lama dan memiliki ketahanan luar biasa agar tidak cepat mengelupas.

Cat interior rumah tidak terkena perubahan suhu yang drastis dan kelembaban yang tinggi sehingga resin yang digunakan untuk mengikat cat bersifat lebih kaku. Hal ini membuat cat interior tidak rentan terhadap jamur serta lebih mudah dicuci.