Lifestyle
Aug19

4 Obat Batuk Alami dari Tanaman Herbal

obat-batuk-alami.jpg

Anda ingin tahu bermacam-macam obat batuk alami dari ramuan tanaman herbal? Memasuki musim pancaroba seperti sekarang, batuk menjadi salah satu penyakit musiman yang rawan menyerang tubuh kita. Jika tidak segera diobati, tentu saja batuk tersebut akan merusak penampilan tubuh. Apalagi bila pekerjaan kita dituntut agar selalu tampil fit dan berhubungan dengan banyak klien.

Pengobatannya :

  1. Siapkan 1 buah jeruk purut dan 1 sendok teh kecap manis. Belah buah jeruk menjadi dua bagian, lalu peras untuk diambil sarinya. Tuangkan kecap ke sendok makan lalu tambahkan air jeruk purut tadi hingga penuh. Minum sekaligus. Ramuan ini sebaiknya diminum tiga kali sehari sampai batuk yang anda idap sembuh total.
  2. Siapkan 2 buah jeruk nipis, 1/2 biji pala, 3 bunga cengkeh, dan 2 lembar daun sirih. Cucilah masing-masing bahan tersebut di bawah air mengalir hingga bersih. Setelah itu, rebus bahan-bahan ini dengan segelas air. Tambahkan gula batu/gula aren agar rasanya nanti tidak terlalu pahit. Rebus hingga air di panci tersisa setengahnya. Terakhir tuangkan ke dalam gelas dan minum dalam kondisi hangat. Adapun ramuan herbal ini sebaiknya diminum pagi dan sore secara rutin.
  3. Tahukah anda, bahwa buah apel juga berkhasiat sebagai pereda batuk. Caranya, siapkan buah apel lalu cuci hingga bersih. Kemudian, blender buah apel tersebut dengan tambahan air dan gula batu secukupnya. Biasakanlah meminum jus apel ini hingga batuk pergi menjauh.
  4. Siapkan kunyit dan kencur secukupnya, lalu bersihkan. Berikutnya, tumbuk kedua rempah-rempah ini dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu, saring cairan kunyit kencur ini untuk memisahkan ampas dari air sarinya. Kemudian, rebus cairan tersebut dengan tambahan madu. Minumlah ramuan ini selagi hangat saat pagi dan sore.