Lifestyle
Aug1

4 Hidangan Seafood Unik yang Wajib Dicoba

Penasaran ingin merasakan hidangan seafood yang unik? Berikut ini kami berikan rekomendasinya :

Sanaki

Anda penggemar seafood alias makanan laut? Beragam olahan gurita mungkin bisa menggugah selera anda. Tapi, bagaimana dengan hidangan gurita hidup? Jika anda memiliki keberanian untuk memakannya datang saja ke Korea Selatan. Di Negeri Ginseng, gurita hidup menjadi menu yang sangat populer dan dikenal dengan nama sanaki.

Umumnya, sanaki disajikan sebagai menu makan malam. Meski terlihat menyeramkan, banyak orang yang tertarik mencicipi sanaki. Tak hanya penduduk Korea Selatan, tapi juga wisatawan dari berbagai negara.

Sanaki menggunakan bahan utama bayi gurita. Biasanya, bagian yang dimakan adalah lengannya. Sanaki dinikmati dengan dua cara, disantap utuh atau dipotong-potong kecil. Jika potongan gurita masih bergerak artinya kualitas sanaki tak perlu diragukan.

Agar lebih menggugah selera, gurita diberi tambahan bumbu berupa biji dan minyak wijen. Ada pula yang mencampurnya dengan couya, saus khas Korea berwarna merah terang.

Sebelum menelannya, kita harus mengunyah dengan keras sampai potongan-potongan gurita tak bergerak. Menelan gurita utuh atau potongan gurita yang masih bergerak tentu saja bisa membahayakan. Jika tak hati-hati, lengan gurita akan menempel di mulut atau tenggorokan dan membuat kita tersedak.

Popularitas sanaki di Korea Selatan memang tak terbantahkan. Bahkan kita bisa dengan mudah mencari hidangan gurita hidup-hidup ini, mulai dari restoran mewah, rumah makan pinggir jalan, hingga pasar ikan tradisional.

Salah satu yang terkenal adalah pasar ikan jagal di kawasan Busan. Soal kualitas, tak perlu diragukan karena gurita yang dijual benar-benar segar. Masyarakat Korea Selatan memiliki kebiasaan mengonsumsi hewan laut hidup-hidup. Mereka percaya nutrisi yang terkandung dalam hewan laut tidak akan tercemar oleh minyak dan bumbu jika dimakan dalam kondisi mentah.