Lifestyle
Sep12

4 Contoh Desain Kandang Ayam Modern

Menyediakan kandang ayam petelur yang dirancang dengan baik tentunya akan mendukung perkembangan dan kesehatan ayam-ayam di dalamnya. Secara garis besar, ada empat desain yang biasa dibuat yaitu umbaran, litter, slat, dan baterai. Berikut ini ulasan dari kami selengkapnya :

1. Kandang umbaran

desain-kandang-ayam-petelur.jpg

Dinamakan kandang umbaran karena desain kandang ini terdiri dari dua ruangan, yaitu ruangan tertutup dan terbuka (umbaran). Ruangan yang tertutup berfungsi sebagai tempat berteduh dan bertelur. Sedangkan ruangan yang terbuka digunakan sebagai tempat beraktifitas ayam-ayam yang dipelihara, termasuk makan dan minum. Karena desainnya yang sederhana, kandang umbaran paling banyak digunakan oleh peternak dari daerah pedesaan.

2. Kandang Litter

kandang-ayam-petelur.jpg

Prinsip pembuatan kandang litter adalah membudidayakan ayam di ruangan tertutup sehingga mudah diawasi. Pada bagian alas kandang dilapisi dengan lantai semen agar tidak becek dan mudah dibersihkan. Selanjutnya, lantai semen tersebut bisa dilapisi dengan campuran serbuk gergaji, sekam padi, tongkol jagung, dan kulit kacang. Selain sebagai penghangat alas, alas ini juga berfungsi untuk menyerap bau dan kelembaban di dalam ruangan. Lapisan alas tersebut bisa dibalik secara berkala dan diganti jika sudah terlalu kotor. Alas yang telah dipakai bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk kandang.

3. Kandang Slat

contoh-kandang-ayam-petelur.jpg

Kandang slat merupakan kandang tertutup yang dibuat dengan bentuk panggung. Tujuan dari pembangunan bentuk ini adalah agar kandang mudah dibersihkan sehingga telur yang dihasilkan pun tidak tercemar kotoran. Pada umumnya, kandang slat ini dibuat dari bahan bambu dan kawat dengan memperhitungkan jarak alas. Rongga alas yang terlalu besar bisa mengakibatkan kaki ayam mudah terperosok ke bawah, sehingga ayam pun tidak merasa nyaman. Karena semua sisi kandang dibuat dengan bahan material, maka biaya pembuatannya pun lebih mahal dari kedua model sebelumnya.

4. Kandang Baterai

gambar-kandang-ayam-petelur.jpg

Sekilas, kandang baterai tampak seperti kandang panggung yang ditumpuk hingga 3-5 tingkatan. Dengan model seperti ini, kandang baterai sangat menghemat tempat dan cocok diaplikasikan pada lahan yang terbatas. Biasanya, kandang baterai dibuat dari bambu atau besi. Meskipun memakan biaya yang lebih sedikit, kandang bambu relatif mudah rusak. Sebaliknya, kandang besi sangat awet dan terlihat kokoh, namun dari segi harganya terbilang cukup mahal.