Lifestyle
Jul19

20 Tips Merawat Kucing Persia Menyenangkan

tips-merawat-kucing-persia.jpg

Pada dasarnya, tingkat kesulitan merawat kucing persia terbilang cukup mudah. Apalagi jika anda sudah mencintai kucing peliharaan tersebut layaknya saudara sendiri. Bisa dipastikan, momen-momen saat anda memberikan perhatian ke kucing justru akan menyenangkan sekali.

Dari serangkaian bentuk perawatan untuk kucing persia, yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah kesehatan bulu dan pola makan. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah poin-poin dari Arafuru berikut ini :

  1. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang seluk-beluk kucing persia, terutama dari dokter hewan.
  2. Kucing persia yang berusia kurang dari 6 bulan harus mendapatkan pakan sebanyak 3-4 kali sehari.
  3. Setelah kucing tersebut berusia 6-8 bulan, kurangi jumlah pakan menjadi 2 kali sehari.
  4. Berikan makanan kering (cemilan) secukupnya dan pastikan air minum selalu tersedia untuk kucing peliharaan anda.
  5. Ketika kucing tersebut telah berusia 1 tahun, secara bertahap, tambahkan pakan kucing khusus dewasa sebanyak 1/4 dari jumlah pakan yang diberikan. Pencampuran pakan ini dilakukan selama seminggu agar sistem pencernaannya siap menerima.
  6. Jangan berlebihan dalam memberikan pakan. Kucing persia harus mendapatkan diet secara berkala agar berat badan dan kesehatannya terjaga.
  7. Sekali-kali, berikan variasi berupa pakan basah agar kucing anda tidak mengalami kebosanan dengan makanannya.
  8. Jangan memberikan pakan dalam keadaan mentah. Jika memberikan ikan, usahakan durinya telah dibersihkan. Makanan sisa dapat anda berikan asalkan kondisinya masih baik.
  9. Hindari memberikan susu karena akan menyebabkan diare.
  10. Kucing persia betina memasuki masa subur saat berusia 4-6 bulan, sedangkan untuk pejantan setelah berumur 6-7 bulan. Saat sedang menyusui, kucing betina bahkan siap untuk hamil lagi. Jadi, usahakan kucing pelihara anda sudah dikebiri agar tidak terlalu repot memeliharanya.