Lifestyle
Jul3

16 Minuman Dingin untuk Berbuka Puasa Nan Segar

Minuman dingin memang cocok untuk berbuka puasa. Rasanya yang segar membuat dahaga seharian luntur seketika. Nah, agar anda bisa menyajikan minuman yang berbeda-beda, berikut ini kami berikan referensinya.

Es Jus

Jus merupakan minuman berbahan dasar buah yang diblender. Hampir semua buah bisa dijus. Namun yang paling difavoritkan antara lain mangga, melon, tomat, jeruk, alpukat, stroberi, apel, dan jambu biji. Selain pembuatannya yang mudah jus juga mempunyai nilai gizi yang baik karena tidak menggunakan campuran apapun.

Es Buah

Untuk anda yang ingin mencicipi sensasi berbagai rasa dan tekstur buah dalam satu porsi, cobalah es buah. Es ini terbuat dari potongan buah-buahan yang dicampur menjadi satu. Untuk menambah citarasanya, beberapa orang menambahkan madu, sirup, dan susu. Sedangkan buah-buahan yang umum digunakan antara lain mangga, melon, pepaya, rumput laut, semangka, anggur, dan stroberi.

Es Cincau

Tekstur cincau yang kenyal dan bisa mendinginkan mulut memang sangat cocok dijadikan sebagai minuman berbuka puasa. Pada sajian es cincau, anda akan menemukan potongan yang disiram dengan air santan dan gula merah. Paduan rasa manis gurih dari kuah dan dinginnya cincau akan langsung menempel di mulut anda.

Es Cendol

Cendol merupakan salah satu toping minuman yang terbuat dari tepung beras. Karena itu, tekstur cendol ini kenyal. Sama seperti cincau, cendol biasa dihidangkan bersama air santan dan gula merah.

Es Campur

Bagi anda yang ingin berbuka puasa dengan minuman berporsi jumbo cobalah es campur. Isinya terbilang sangat komplit. Mulai dari cincau, cendol, biji mutiara, pacar cina, roti tawar, dan sebagainya. Terkadang es campur juga ditambah dengan buah-buahan. Terakhir tambahkan air santan, susu, atau sirup sebagai kuahnya.

aneka-minuman-segar.jpg

Es Degan

Es degan, atau biasa disebut juga dengan es kopyor dan es kelapa muda, adalah minuman berbahan buah kelapa degan muda. Paling nikmat jika es ini disajikan bersama tempurung kelapanya. Air kelapa yang segar dan mengandung ion yang tinggi seketika akan mengembalikan stamina anda.

Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan minuman khas dari Makassar. Pisang yang digunakan pada minuman ini, sebelumnya telah dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau lalu dikukus. Sensasi dari minuman ini terletak pada pisang ijonya yang kenyal di luar dan seketika lumer saat kita menggigit bagian pisangnya.

Es Kolak

Es kolak merupakan minuman kolak yang diberi tambahan es agar dingin. Kolak sendiri merupakan minuman berbahan labu, pisang, kolang-kaling, atau ubi jalar yang dimasak dalam kuah santan kental manis.

Es Kacang Hijau

Jika anda biasanya menikmati kacang hijau untuk sahur dalam keadaan hangat, sekali-kali cobalah hidangan kacang hijau yang dicampur es. Es ini berbahan dasar kacang hijau yang direbus bersama kuah santan dan gula merah.

Es Kacang Merah

Es kacang merah merupakan olahan es berbahan dasar kacang merah rebus yang dicampur bersama es serut. Biasanya terdapat bola-bola dari tepung beras sebagai pelengkapnya. Untuk menambah kenikmatannya, ditambahkanlah sirup dan susu full cream.

Es Air Tebu

Meskipun gula pasir umumnya terbuat dari air tebu. Namun, rasa es air tebu lebih segar daripada air gula. Penduduk Malaysia paling suka berbuka puasa dengan minuman ini.

Es Pelangi

Es pelangi adalah sebutan untuk minuman es yang diberi sirup berbagai rasa, sehingga isinya tampak berwarna-warni. Dalam penyajiannya, usahakan setiap sirup mampu berdiri sendiri dan tidak tercampur satu sama lain. Agar lebih segar, biasanya ditambahkan air soda.

Es Doger

Es doger merupakan salah satu kreasi warga Bandung. Di dalam penyajiannya, minuman ini berisi serutan kelapa, ketan hitam, tape, alpukat, pacar cina lalu disiram dengan susu kental manis dan sirup. Sensasi yang mendominasi es ini adalah rasa manis yang meleleh di mulut.

Es Buble

Es buble adalah minuman es berisi buble-buble kecil yang terbuat dari tepung tapioka berwarna-warni. Es ini biasa dinikmati dengan jus buah atau teh. Ritual yang wajib dilakukan dalam penyajian es ini adalah keharusan untuk di-shake/di-blender dahulu.

Es Podeng

Es podeng adalah minuman es yang berisi roti tawar, meses, biji mutiara, dan susu. Es ini paling cocok diminum rame-rame karena umumnya dijual dalam porsi yang besar. Beberapa es podeng kini juga disajikan dengan cokelat cair.

Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan minuman khas Betawi. Ciri khasnya yaitu terletak pada selendang mayang, yakni sejenis kue lapis yang berwarna-warni. Anda yang ingin berbuka puasa dengan minuman segar, wajib mencoba es yang satu ini.