Lifestyle
Jul4

15 Minuman Hangat untuk Berbuka Puasa dan Sahur

aneka-minuman-hangat.jpg

Menikmati minuman hangat untuk berbuka puasa dan sahur lebih direkomendasikan karena mudah diterima tubuh. Kondisi perut yang kosong saat berbuka, dan udara malam yang dingin akan langsung teratasi ketika kita mengonsumi jenis minuman yang satu ini.

Berikut ini macam-macam minuman hangat yang patung anda coba :

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman berbahan jahe bakar yang digeprek, lalu diseduh menggunakan air panas. Agar lebih nikmat, ditambahkan pula gula merah dan susu. Wedang jahe sangat manjur untuk mengatasi perut yang mual dan masuk angin.

Wedang Kunyit

Wedang kunyit sebenarnya merupakan ramuan tradisional untuk mengatasi sakit maag. Cara pembuatannya yaitu dengan memarut kunyit secukupnya, lalu diseduh memakai air panas dan disaring untuk memisahkan ampasnya. Terakhir, tambahkan gula merah atau gula batu.

Wedang Sekoteng

Bagi anda yang ingin mencicipi minuman hangat yang lebih komplit, cobalah wedang sekoteng. Minuman khas dari Jawa Tengah ini terbuat dari kacang tanah, pacar cina, roti tawar, dan kacang hijau yang disiram dengan air jahe panas. Rasanya yang hangat akan semakin nikmat dengan aneka toppingnya.

Wedang Ronde

Yang khas dari sajian wedang ini adalah ronde, yaitu adonan tepung beras yang dibentuk bulat berisi kacang merah tumbuk. Biasanya, wedang ronde dilengkapi dengan roti tawar dan kolang-kaling, kemudian disiram air jahe panas.

Wedang Secang

Wedang secang termasuk minuman yang kaya akan rempah-rempah. Selain kayu secang yang menjadi bahan utama, sajian wedang ini juga ditambahi dengan daun serai, cengkeh, jeruk nipis, kayu manis, gula batu, jahe dan kapulaga. Karena itu, rasanya pun sangat unik dan agak pedas.

Wedang Kacang

Jenis kacang yang digunakan dalam wedang ini adalah kacang tanah yang telah dibuang kulit arinya, kemudian direbus. Sebagai pelengkapnya, digunakan topping berupa ketan putih. Terakhir, bahan-bahan ini akan diberikan kuah dari campuran jahe, pandan, gula, garam, dan air santan.

Wedang Kacang Hijau

Wedang kacang hijau merupakan minuman hangat berbahan dasar biji kacang hijau yang direbus. Adapun kuahnya sendiri terbuat dari gula merah, jahe, dan santan kental. Agar lebih nikmat, beberapa sajian wedang kacang hijau juga dilengkapi dengan ketan hitam.