Lifestyle
Jul4

15 Minuman Hangat untuk Berbuka Puasa dan Sahur

Menikmati minuman hangat untuk berbuka puasa dan sahur lebih direkomendasikan karena mudah diterima tubuh. Kondisi perut yang kosong saat berbuka, dan udara malam yang dingin akan langsung teratasi ketika kita mengonsumi jenis minuman yang satu ini.

Berikut ini macam-macam minuman hangat yang patung anda coba :

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman berbahan jahe bakar yang digeprek, lalu diseduh menggunakan air panas. Agar lebih nikmat, ditambahkan pula gula merah dan susu. Wedang jahe sangat manjur untuk mengatasi perut yang mual dan masuk angin.

Wedang Kunyit

Wedang kunyit sebenarnya merupakan ramuan tradisional untuk mengatasi sakit maag. Cara pembuatannya yaitu dengan memarut kunyit secukupnya, lalu diseduh memakai air panas dan disaring untuk memisahkan ampasnya. Terakhir, tambahkan gula merah atau gula batu.

minuman-berbuka-puasa.jpg

Wedang Sekoteng

Bagi anda yang ingin mencicipi minuman hangat yang lebih komplit, cobalah wedang sekoteng. Minuman khas dari Jawa Tengah ini terbuat dari kacang tanah, pacar cina, roti tawar, dan kacang hijau yang disiram dengan air jahe panas. Rasanya yang hangat akan semakin nikmat dengan aneka toppingnya.

Wedang Ronde

Yang khas dari sajian wedang ini adalah ronde, yaitu adonan tepung beras yang dibentuk bulat berisi kacang merah tumbuk. Biasanya, wedang ronde dilengkapi dengan roti tawar dan kolang-kaling, kemudian disiram air jahe panas.

Wedang Secang

Wedang secang termasuk minuman yang kaya akan rempah-rempah. Selain kayu secang yang menjadi bahan utama, sajian wedang ini juga ditambahi dengan daun serai, cengkeh, jeruk nipis, kayu manis, gula batu, jahe dan kapulaga. Karena itu, rasanya pun sangat unik dan agak pedas.

Wedang Kacang

Jenis kacang yang digunakan dalam wedang ini adalah kacang tanah yang telah dibuang kulit arinya, kemudian direbus. Sebagai pelengkapnya, digunakan topping berupa ketan putih. Terakhir, bahan-bahan ini akan diberikan kuah dari campuran jahe, pandan, gula, garam, dan air santan.

Wedang Kacang Hijau

Wedang kacang hijau merupakan minuman hangat berbahan dasar biji kacang hijau yang direbus. Adapun kuahnya sendiri terbuat dari gula merah, jahe, dan santan kental. Agar lebih nikmat, beberapa sajian wedang kacang hijau juga dilengkapi dengan ketan hitam.

Wedang Asle

Bagi anda warga Solo, tentu sudah akrab dengan wedang asle. Bahan-bahan wedang ini yaitu roti tawar dan ketan putih yang disiram dengan air santan manis. Kekhasan dari wedang asle adalah adanya potongan agar-agar sebagai topping minuman.

Wedang Lengkeng

Wedang lengkeng mungkin terdengar asing bagi beberapa orang. Hal ini disebabkan buah lengkeng/kelengkeng jarang dijadikan sebagai minuman. Adapun isi dari wedang ini adalah buah kelengkeng yang disiram dengan kuah panas berbahan jahe, gula batu, cengkeh, kapulaga, secang, dan serai.

Wedang Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari jahe, serai, daun pandan, dan merica. Uniknya, di dalam wedang ini ditambah dengan telur ayam kampung mentah sehingga mampu mengembalikan stamina tubuh. Beberapa sajian bandrek juga dilengkapi dengan susu full cream dan kelapa muda.

Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman hangat berbahan daun dan buah pala, batang daun dan bunga cengkeh, akar dan daun serai, kayu manis, kayu secang, jahe, dan gula batu. Banyaknya bahan yang digunakan lantas membuat minuman khas Yogyakarta ini sekilas mirip sampah. Wedang uwuh disajikan dalam kondisi hangat dan memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama untuk memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Wedang Tahu

Wedang tahu merupakan minuman khas Semarang yang mendapat sentuhan budaya China. Tahu yang digunakan di sini bukanlah tahu yang biasa diolah menjadi makanan, melainkan adalah kembang tahu atau tahu sutera. Kembang tahu ini lantas diberi siraman kuah panas yang terbuat dari kayu manis, jahe, cengkeh, gula merah, garam, dan daun jeruk.

Wedang Pekak

Minuman hangat lainnya yang kami rekomendasikan adalah wedang pekak. Disebut demikian, karena bahan dasar dari wedang ini adalah buah dan daun pekak. Agar citarasanya lebih mantap, lantas ditambahkan bahan berupa kayu manis, serai, gula putih, jahe, merica, cengkeh, dan daun pandan.

Wedang Bajigur

Wedang bajigur termasuk jenis minuman tradisional yang cukup populer. Bahan-bahan untuk membuat wedang ini antara lain kopi, daun pandan, gula jawa, kolang-kaling, gula pasir, roti tawar, dan santan.

Wedang Dongo

Banyak yang mengira wedang dongo dan wedang ronde adalah sama. Padahal pada wedang dongo ada tambahan topping berupa agar-agar dan rumput laut sehingga sensasinya lebih lengkap.