15 Jenis Ikan Hias Air Tawar

Tahukah anda. Ternyata, jenis ikan hias air tawar yang biasa dipelihara masyarakat Indonesia terbilang cukup banyak. Pada umumnya, ikan-ikan ini mempunyai warna tubuh yang cantik dengan berbagai corak.

1. Ikan Arwana

Arwana merupakan ikan air tawar yang paling mahal. Harga ikan asli Kalimantan dan Papua ini, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah lho. Keindahan ikan arwana terletak pada gerakannya yang lemah gemulai dengan sisik tubuh yang mengkilap ketika tertimpa cahaya. Beberapa orang berpendapat ikan ini bahkan mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

2. Ikan Koi

Bagi penggemar ikan air tawar tentu langsung bisa membayangkan keindahan tubuh ikan koi. Yap, ikan yang berasal dari Dataran China ini memiliki warna dan corak yang beragam. Gerakannya yang lincah dan mudah akrab membuat ikan koi bisa diajak bermain dengan memberikan pakan langsung melalui tangan.

3. Ikan Mas

Di beberapa daerah, ikan mas biasa disebut juga dengan ikan kerper. Kekhasan dari ikan ini adalah sisiknya yang kuning mengkilat bagaikan emas. Karena pemeliharaannya yang mudah, pamor ikan mas sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Selain sebagai ikan hias, ikan mas juga menjadi ikan konsumsi karena rasa dan tekstur dagingnya yang lezat.

4. Ikan Koki

Anda mungkin penasaran kenapa ikan ini disebut dengan ikan koki? Penamaan koki ini lantaran bentuk jidatnya yang besar, sehingga mirip topi seorang koki. Walaupun masih satu keluarga dengan ikan mas, ikan ini tidak dikonsumsi karena ukuran tubuhnya yang relatif kecil. Ikan koki biasa dipelihara di dalam akuarium karena bentuknya yang unik tadi.

5. Ikan Cupang

Ikan cupang mempunyai bentuk tubuh yang sangat indah, terutama pada bagian sirip dan ekornya. Sayangnya, karena perangainya yang agresif, membuat ikan ini harus dipelihara secara terpisah-pisah agar tidak berkelahi. Pemeliharaan ikan cupang biasanya dilakukan di toples-toples kecil.

6. Ikan Neon

Sama seperti namanya, ikan neon memiliki corak berupa garis mengkilap di bagian tengah tubuhnya menyerupai lampu neon. Ikan neon paling bagus digunakan untuk menambah warna-warni akuarium sebab jarang sekali ada ikan air tawar berwarna biru.

7. Ikan Oscar

Berasal dari Amerika Selatan, keindahan ikan oscar terletak dari corak tubuhnya yang menyerupai pola batik. Corak ini berwarna kuning kemerah-merahan dan oranye, yang akan berpadu indah dengan background tubuh ikan berwarna cokelat/putih. Penghobi biasanya memberikan pakan berupa udang kecil.

8. Ikan Discus

Disebut ikan discus karena bentuk tubuh ikan ini bundar mirip piringan disk. Bentuk tubuhnya yang sangat unik dengan warna-warni menawan ini yang membuat masyarakat rela membawanya dari sungai amazon. Pada pemeliharaan di akuarium, ikan ini mampu tumbuh hingga berukuran 15 cm.

9. Ikan Gupy

Sekilas ikan gupy terlihat sangat mirip dengan ikan cupang. Perbedaan mencolok dari keduanya adalah jika ikan cupang suka berkelahi, maka ikan gupy justru sebaliknya. Ikan gupy lebih senang hidup secara berkelompok, sehingga akan menjadi peliharaan yang cantik di akuarium.

10. Ikan Louhan

Ikan louhan merupakan ikan hias yang dihasilkan dari penyilangan berbagai jenis ikan cichlid. Pesona dari ikan ini berasal dari motif sisiknya yang terkadang hampir menyerupai abjad china. Selain itu, benjolan di kepala yang besar itu juga yang membuat kepopuleran ikan ini pernah meledak beberapa tahun yang lalu.

11. Ikan Komet

Ikan komet memiliki corak tubuh yang indah seperti ikan koi dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dan bentuk badan yang melebar. Karena itulah, banyak orang yang memelihara ikan ini bersama ikan koi untuk menambah keceriaan kolam.

12. Ikan Sumatera

Ikan khas Pulau Sumatera ini memiliki corak tubuh berwarna hitam putih menyerupai zebra. Ukurannya yang hanya 2-3 cm, membuat gerakan ikan sumatera terbilang sangat lincah. Biasanya, ikan ini dipelihara di akuarium secara bergerombol.

13. Ikan Lemon

Ikan lemon merupakan ikan hias berwarna hijau kekuningan mirip kulit lemon. Pada ikan dewasa, seluruh warna tubuhnya akan berubah menjadi persis seperti warna kulit lemon yang matang. Hal ini pulalah yang membuat ikan lemon terlihat begitu menyegarkan mata.

14. Ikan Sapu-sapu

Ikan sapu-sapu dipelihara karena ukuran siripnya yang besar sehingga mampu membersihkan interior akuarium. Biasanya, ikan ini senang hidup dengan menempelkan tubuhnya di dinding. Jenis ikan sapu-sapu yang banyak dipelihara adalah ikan yang berwarna hitam dan albino.

15. Ikan Buaya

Ciri-ciri ikan buaya adalah bentuk moncong mulutnya yang bergerigi tajam mirip seperti buaya. Ikan buaya termasuk ikan predator dengan pakan berupa ikan-ikan kecil.