Lifestyle
Jul17

10 Tips Merawat Ikan Koki di Akuarium

cara-merawat-ikan-mas-koki.jpg

Butuh tips untuk merawat ikan mas koki yang hidup di akuarium? Siapa yang tidak mengenal ikan mas koki? Bentuknya yang unik dengan gerakan yang menggemaskan menjadi pesona dari ikan hias air tawar yang satu ini.

Sayangnya, di balik tingkahnya yang lincah itu, ikan koki terbilang mudah sakit. Ikan ini sangat sensitif dengan perubahan yang terjadi pada kondisi lingkungan di sekitarnya. Tips dari Arafuru ini akan membantu anda dalam membentuk lingkungan akuarium yang ideal :

1. Akuarium

Seperti kita ketahui, keindahan ikan mas koki terletak pada bagian samping tubuhnya. Karena itu, pemeliharan ikan ini biasanya dilakukan pada wadah transparan. Hindari memelihara ikan koki di dalam toples, meskipun bentuknya menarik, akan tetapi ukuran toples kurang memadai dalam mencukupi kebutuhan ikan yang hidup di dalamnya. Selalu gunakan akuarium dengan ukuran panjang minimal 50 cm agar pasokan air selalu terjaga kualitasnya.

2. Aerator

Aerator merupakan aksesoris yang wajib di akuarium ikan koki. Aerator berfungsi untuk menciptakan gelembung-gelembung udara yang dapat meningkatkan jumlah oksigen yang terlarut di dalam air. Di lain sisi, aerator juga berguna untuk menciptakan arus air yang disukai ikan.

3. Pola Makan

Pakan yang disukai ikan koki cukup beranekaragam, mulai dari pelet, bloodworm, cacing sutra, dan kutu air. Meskipun ikan koki terkenal doyan makan, pemberian pakan cukup dilakukan sekali sehari saja. Tujuannya agar ikan tidak terlalu gemuk dan ekosistem akuarium tetap terjaga. Pemberian pakan yang berlebihan akan memperbanyak jumlah kotoran yang dikeluarkan ikan. Dampaknya, ikan pun keracunan oleh kotorannya sendiri. Hindari juga memberi pakan di malam hari sebab bakteri berkembang biak lebih cepat ketika malam.

4. Filter Air

Selain aerator (penghasil gelembung udara), kita juga membutuhkan alat filtrasi agar kebersihan air selalu terjaga. Penambahan alat ini diklaim mampu mempertahankan kualitas air lebih lama. Sayangnya, karena jarang diganti, kandungan nutrisi yang terlarut di air menjadi berkurang. Sehingga, berakibat pada warna ikan menjadi lebih kusam.

5. Pengontrol Suhu