Lifestyle
Jun14

10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Bis

Anda sering mengalami mabuk perjalanan saat naik bis? Ingin tahu bagaimana cara yang ampuh untuk mengatasi masalah ini?

tips-agar-tidak-mabuk-perjalanan.jpg

Beberapa orang mengaku tidak nyaman jika berpergian untuk liburan atau mudik dengan menggunakan angkutan umum, terutama bis. Mulai dari udara, laju kendaraan, tempat duduk, hingga suasana di dalam bis menjadi penyebabnya. Alhasil, mereka pun terserang penyakit ringan seperti sakit kepala, pusing, perut mual, hingga muntah-muntah. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus dan tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan menimbulkan trauma tersendiri bagi orang tersebut.

Jika anda juga sering mengalami hal ini, cobalah sepuluh tips dari Arafuru berikut ini :

1. Makan Permen Davos

Anda pasti tahu kan permen davos? Permen ini memiliki bentuk bundar, berwarna putih, dan dibungkus kertas berwarna biru tua bertuliskan DAVOS. Permen ini biasanya mudah anda jumpai di warung-warung sekitar terminal bis.

Makan permen davos, diemut bukan dikunyah, adalah cara yang paling manjur untuk mengatasi mabuk perjalanan. Rasa mint yang kuat dari permen ini akan membuat mulut anda tetap segar dan perut tidak sakit/melilit. Selalu makanlah permen ini di sepanjang perjalanan selama anda masih berada di dalam bis.

2. Mendengarkan Musik yang Nge-Beat

Musik yang nge-beat juga sangat ampuh untuk membuat anda merasa rileks dan tidak terpengaruh dengan kondisi di dalam bis. Saran kami, pilih lagu yang dinyanyikan oleh band favorit anda agar perjalanan terasa menyenangkan. Hindari mendengarkan musik yang bernada pelan karena fokus anda akan kembali lagi ke dalam bis.

3. Duduk di Barisan Pertama/Samping Supir

Penyebab utama seseorang mengalami mabuk perjalanan adalah mencium aroma bensin secara terus-menerus dan pandangan tidak tertuju ke arah depan. Oleh karena itu, Anda yang sering mengalami mabuk perjalanan selalu pilihlah kursi di barisan terdepan.

4. Ubah Mind Set Anda

Pada saat kita berada di dalam bis, dengan posisi bis sedang bergerak, maka kita akan melihat seolah-olah jalan di sekeliling bis bergerak cepat ke belakang sementara bis diam. Gantilah mind set tersebut dan yakinkan pada diri anda bahwa apa yang anda lihat adalah semu. Kuatkan keyakinan tersebut sekali lagi bahwa bis yang anda naiki lah yang melaju kencang sementara pemandangan di sekitarnya diam. Jika cara ini belum bekerja, persempit lagi mind set anda bahwa anda lah yang saat itu sedang berlari ke depan.

5. Minum Jahe Hangat

Seperti kita ketahui, jahe mampu membuat badan menjadi hangat dan mulut tidak neg. Selalu siapkan jahe hangat sebagai bekal perjalanan anda. Bila anda suka manis, tambahkan gula sedikit saja karena jika rasanya terlalu manis justru akan membuat perut mual. Minum air jahe tersebut setiap anda merasakan mual di perjalanan.