Lifestyle
May30

10 Software Membuat Desain Mobil untuk Pemula

software-mendesain-mobil.jpg

Apakah anda sedang mencari software untuk membuat desain mobil yang mudah digunakan? Jika anda bingung dari software manakah anda harus belajar pertama kali, artikel berikut ini mungkin akan berguna bagi anda. Kami akan memberitahukan software-software rekomendasi kami.

Berikut ini daftar selengkapnya, baik yang gratis maupun berbayar :

1. Blender

Blender adalah software berbasis open source yang bisa digunakan untuk pemula maupun kalangan profesional. Fiturnya menawarkan berbagai tools desain serta fungsi-fungsi pendukung yang anda butuhkan. Menariknya, anda bisa menambah fitur yang diperlukan dengan cara mendownloadnya atau membuat sendiri fitur tersebut. Karena sifatnya yang open source, anda akan mendapatkan bantuan dari pengguna senior yang sudah mahir dengan mudah.

2. Adobe Photoshop

Mungkin anda akan mengira aneh karena kami memasukkan Adobe Photoshop di daftar software untuk mendesain mobil ini. Namun percayalah, dari software pengedit foto sederhana ini anda bisa mengolah gambar mobil, bahkan bentuk 3D sekalipun. Agar lebih maksimal, anda bisa menambahkan biaya sekitar $700 untuk melengkapi fungsi fitur yang khusus dipakai untuk mengolah gambar mobil. Jika biaya ini terasa mahal, alternatif lainnya adalah menggunakan Adobe Photoshop secara online karena fiturnya lebih lengkap.

3. Google SketchUp

Selain untuk menggambar desain rumah, layanan gratis dari Google SketchUp ini juga bisa digunakan untuk menggambar mobil. Tools yang ada di software ini juga tergolong sederhana, salah satunya adalah untuk menggambar 3D baik struktur maupun model mobil. Anda juga bisa menyimpan hasil kerja di berbagai format yaitu ekstensi BMB, PNG, TIFF, dan JPG.

4. Catia V6

Ketika anda ingin membuat desain mobil yang lebih rumit dan spesifik, software Catia ini akan menjawab kebutuhan anda. Versi terakhir dari Catia ini adalah V6. Anda bisa mendapatkan software ini dengan menghubungi developer-nya yaitu Dassault Systems. Melalui software ini, anda bisa menciptakan desain yang sangat detail, bahkan sampai pembuatan prototype baru. Dassault Systems juga menyediakan tutorial pemakaian software ini terutama untuk pengguna baru.

5. Lightwave

Software terkenal lainnya untuk merancang mobil adalah Lightwave di mana anda bisa mencobanya secara gratis selama sebulan dan membelinya seharga $1,500. Fiturnya terdiri dari fungsi standar perancangan mobil dengan tambahan 3D packages. Anda juga bisa menciptakan gambar mobil secara detail dengan salah satu fungsi khusus di software ini. Untuk anda yang masih pemula, tersedia support bantuan yang bisa anda gunakan kapanpun.