10 Desain Gedung dan Bangunan Paling Menakjubkan di Dunia

Salah satu kompetisi bidang desain gedung dan bangunan terbesar di dunia, The World Architecture Festival, kembali diselenggarakan dengan mengundang 40 negara untuk menampilkan karya desain arsitektur terbaiknya. Tahun ini, festival tersebut akan digelar pada 1 sampai 3 Oktober 2014 dan berlokasi di Marina Bay Sands, Singapura. Tidak kurang dari 300 karya telah masuk dalam tahap penjurian dan akan diketahui hasil pemenangnya pada bulan Oktober nanti.

Di tahun ini, panitia The World Architecture Festival memiliki beberapa kategori yang bisa diperebutkan di antaranya perumahan, proyek kecil, pusat belanja, perkantoran, kebudayaan, pendidikan, komunitas, dan lain-lain. Dari masing-masing kategori yang semuanya berjumlah 27 buah ini, hanya akan diambil satu pemenang di mana desain yang terbaik juga akan menerima penganugerahan sebagai World Building of the Year.

Berikut ini contoh-contoh desain gedung dan bangunan karya beberapa peserta, termasuk Zaha Hadid, yang sangat menarik :

Pusat Kebudayaan Akiha Ward karya Chiaki Arai Urban dan Architecture Design, Niigata, Jepang. Bangunan ini masuk dalam nominasi kategori kebudayaan.

Library of Birmingham masuk dalam kategori gedung kebudayaan paling menakjubkan. Perpustakaan ini terletak di Kota Birmingham, Inggris dan dibangun oleh perusahaan Mecanoo.

Salah satu gedung di Singapura, Oxley, masuk dalam kategori perumahan berdesain paling menakjubkan. Adapun bangunan ini diarsiteki oleh LAUD Inc.

Abadan Residential Apartmen terletak di Kota Abadan, Irak. Gedung yang didesain oleh Farshad Mehdizadeh berhasil masuk dalam daftar nominasi untuk kategori rumah.

a21stadio berhasil mengantarkan Salvaged Ring yang ada di Nha Trang, Vietnam, masuk dalam daftar proyek kecil yang paling menakjubkan.

Christchurch Botanic Gardens Centre yang ada di Selandia baru juga tak kalah menariknya. Gedung ini didirikan oleh Patterson Associates Ltd.

Ini dia salah satu karya Zaha Hadid di Hongkong. Gedung bertajuk Jockey Club Innovation Tower ini masuk dalam kategori pendidikan.

Di jajaran proyek kecil paling menakjubkan juga terdapat Accoustic Shells yang berada di Littlehampton, West Sussex, Inggris. Perancang dari bangunan ini tak lain adalah Flanagan Lawrence.

Danish Maritime Museum juga masuk dalam kategori gedung kebudayaan yang menakjubkan. Gedung yang terletak di Copenhagen, Denmark ini dibangun oleh Bjarke Ingels Group (BIG).

Salah satu gedung perkantoran terbaik di dunia adalah Bravo Grup Pazhou yang dibuat oleh Aedas. Gedung ini berlokasi di Guanzhou, China.