10 Cara Merawat Bunga Mawar Potong

Agar senantiasa terlihat segar, anda perlu merawat bunga mawar potong dengan benar. Pertanyaannya, bagaimanakah cara melakukannya? Bunga mawar memang memiliki bentuk yang sangat indah sehingga sering ditambahkan dalam dekorasi ruangan. Sayangnya, jika dikembangbiakan secara indoor, tanaman berduri ini menjadi sulit berbunga. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan rangkaian bunga mawar potong.

Agar bunga yang anda miliki selalu tampak segar, ikuti tips-tips berikut ini :

1. Segera Direndam Air

Ketika anda memetik atau membeli bunga mawar potong, usahakan agar segera diletakkan di dalam air. Air mampu menekan terjadinya penguapan tanaman, sehingga bunga pun tidak mengalami layu.

merawat-bunga-mawar.jpg

2. Air Hangat Lebih Baik

Ketika anda hendak merangkai bunga mawar, tata cara yang benar yaitu pertama-tama siapkan vas yang telah dicuci bersih. Selanjutnya, isi dengan air hangat bersuhu sekitar 45 derajat celcius. Kenapa air hangat? Sebab air hangat lebih mudah diserap tanaman daripada air dingin. Terakhir, masukkan bunga mawar potong dan atur tata letaknya.

3. Nutrisi Tanaman Tetap Diperlukan

Nutrisi tanaman untuk bunga potong biasanya banyak dijual di toko-toko pertanian. Adapun komposisi di dalamnya meliputi pupuk sebagai sumber makanan, acidifier sebagai pengontrol pH air, dan biosida sebagai pelindung tanaman dari bakteri berbahaya. Anda juga bisa membuatnya sendiri yaitu dengan mencampur 1 liter air, 3 sendok makan sari lemon, dan 1 sendok teh pemutih pakaian.

4. Pangkas Daun di Pangkal

Sebelum anda menaruh tangkai bunga mawar ke dalam vas, daun-daun yang mungkin terbenam air sebaiknya dipangkas dulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pembusukan daun yang bisa meningkatkan jumlah bakteri di air.

5. Potong Batang Bunga

Jika anda membeli bunga mawar potong, sesampainya di rumah, potonglah pangkal batang mawar tersebut sekitar 2 cm. Pemotongan ini bermaksud agar mawar lebih cepat menyerap air dan mencegah terjadinya gelembung udara di pangkal batang.

6. Rawat Secara Berkala

Agar bunga potong anda tetap segar meskipun telah memasuki umur seminggu, ulangi langkah-langkah di atas setiap tiga hari. Periksa kondisi tanaman setiap hari dan tambahkan air hangat apabila diperlukan.

7. Letakkan di Tempat yang Tepat

Tempat yang paling bagus untuk menaruh bunga potong adalah ruangan yang dingin. Jauhkan tanaman dari terpaan sinar matahari langsung dan debu. Hindari juga meletakkan vas bunga di dekat jendela, peralatan yang menghasilkan panas, dan ventilasi pembuangan AC.

8. Buang Bagian Bunga yang Layu

Agar tampilannya tetap cantik, bagian bunga yang mulai layu dan kecoklatan harus segera dibuang. Hal ini juga berguna untuk mencegah terjadinya pembusukan tanaman secara menyeluruh.

9. Jauhkan dari Buah yang Matang

Agar lebih cantik, kebanyakan orang menaruh sekeranjang buah-buahan di samping bunga potong. Padahal hal ini keliru. Dikhawatirkan buah yang sudah matang akan menghasilkan gas etilen yang mampu memperpendek usia bunga.

10. Menyegarkan Kembali Bunga yang Layu

Apabila suatu hari bunga potong yang anda miliki terlihat layu, anda bisa menyegarkannya kembali dengan mudah. Caranya yaitu dengan memotong pangkal batang tanaman sekitar 2 cm, kemudian merendam seluruh bagian bunga di bak air selama 30 menit hingga 1 jam.