10 Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami

Apakah rumah anda berbau apek? Ingin membuat pengharum ruangan alami agar rumah beraroma lebih wangi? Pengharum memang sangat ampuh membuat aroma ruangan Anda menjadi wangi. Ruangan pun menjadi lebih nyaman dan Anda merasa betah tinggal di dalamnya. Cobalah tips dari kami berikut ini :

1. Ramuan Rempah-rempah

Kami pernah membahas bagaimana cara membuat pewangi sendiri berbahan rempah-rempah di sini. Silahkan praktekan tutorial tersebut dan taruh wewangian di sudut-sudut yang strategis. Niscaya aroma rumah anda lebih harum.

2. Spray Beraroma Lemon

Aroma lemon yang segar membuat siapapun yang menghirupnya jadi rileks seketika. Larutkan 1 sendok makan soda kue ke dalam 2 gelas air panas. Tambahkan 1/2 gelas air sari lemon. Masukkan cairan ini ke dalam botol spray. Kocok sedikit agar cairan di dalamnya tercampur rata. Terakhir, semprotkan cairan lemon ini ke seluruh ruangan. Anda bisa mengganti buah lemon dengan jeruk nipis.

3. Gel Pengharum Ruangan

Selain dalam bentuk spray (semprotan), anda juga bisa membikin pewangi berupa gel. Campurkan gelatin, minyak esensial dengan aroma favorit anda, dan garam. Lalu aduk hingga tercampur rata. Tuangkan campuran gel tersebut ke dalam mangkuk yang cantik dan letakkan di atas meja. Fuala! Ruangan yang harum pun langsung tercipta.

4. Potongan Kulit Jeruk

Suka makan jeruk? Jeruk memang memiliki citarasa yang segar, begitupun aromanya. Setiap kali anda mengupas kulit jeruk, jangan langsung buang kulit tersebut, sebab anda bisa menggunakannya sebagai penyegar ruangan. Aroma segar dari kulit jeruk akan bertahan lama.

5. Lavender Kering

Jika anda menanam tumbuhan lavender dan terdapat beberapa bagian yang tampak mengering, segera petik bagian tersebut. Masukkan lavender kering dan soda kue secukupnya ke dalam botol plastik. Selanjutnya, masukkan minyak esensial beraroma lavender ke dalam botol tadi, lalu tutup botol tersebut. Terakhir, buatlah lubang sebesar paku sebagai tempat keluarnya aroma lavender. Alhasil, anda pun mempunyai sebotol pewangi ruangan yang cantik.

6. Kulit Jeruk untuk Penyegar Kulkas

Belah jeruk lemon menjadi dua bagian, kemudian keluarkan isi dagingnya. Tuangkan garam ke dalam kedua belah kulit jeruk tadi. Letakkan kulit jeruk tersebut ke dalam kulkas. Jeruk mampu menyegarkan aroma kulkas, sedangkan garam berguna untuk mengawetkan kulit jeruk agar tidak membusuk.

7. Pengharum Sampah

Jika sampah di rumah anda sudah menumpuk tapi anda belum mempunyai waktu untuk membuangnya, cobalah solusi ini. Potonglah daun dan kulit jeruk purut menjadi kecil-kecil dan masukkan ke dalam cetakan es batu. Tambahkan 1 gelas cuka putih ke dalam cetakan es batu, usahakan dibagi secara merata. Selanjutnya bekukan. Setelah es batu terbentuk, masukkan es-es tersebut ke dalam kantung tebal dan taruh di tempat sampah.

9. Kantung Teh Celup

Untuk ruangan berukuran kecil seperti dapur, kamar mandi, lemari, dan toilet, aroma apek sedikit saja akan langsung menyengat. Untuk mengatasinya, anda bisa menggantungkan teh celup di belakang pintu agar menyerap bau-bau di ruangan tersebut. Agar aroma teh makin kuat, tambahkan minyak esensial.

10. Baking Soda untuk Furnitur

Furnitur yang lama tidak dirawat biasanya akan ditumbuhi jamur dan mengeluarkan aroma tertentu. Untuk menghilangkan aroma ini, anda cukup menaburkan soda kue ke permukaan furnitur tersebut. Biarkan soda kue tetap berada di sana sampai anda berniat menggunakan furnitur tersebut kembali.