10 Arsitek Terkenal di Dunia dan Karyanya

Siapakah arsitek paling terkenal di dunia? Membahas tentang desain dan arsitektur bangunan memang tidak ada habisnya. Salah satu topik yang menarik untuk diulas adalah nama-nama besar arsitek yang ada di balik pendirian beberapa bangunan spektakuler di dunia. Siapa sajakah mereka? Berikut ini liputan khas daftar 10 arsitek paling top di dunia versi Arafuru.

10. Moshe Safdie

Moshe Safdie dilahirkan pada 14 Juli 1938 dan merupakan arsitek yang berasal dari Haifa, Kanada. Ia pernah menjalani magang di Louis Kahn yang turut mempengaruhi perkembangan karirnya di aliran arsitektur modern. Nama Safdie mulai terkenal di Expo 67 pada 1967 yang merupakan acara pameran peringatan ulang tahun Kanada ke seratus tahan yang bersifat internasional. Beberapa karya yang pernah ia buat seperti National Gallery of Canada, Khalsa Heritage Memorial di India, dan Habitat 67 di Montreal. Penganugerahan terbaik yang pernah ia dapat adalah Medali Emas dari Royal Architectural Institute of Canada.

9. Jean Nouvel

Jean Nouvel adalah arsitek berkebangsaan Perancis yang lahir pada 12 Agustus 1945. Ia telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi termasuk Prtizker Prize pada 2008. Sementara anugerah terbaik yang pernah diterimanya adalah pada kompetisi Arab World Institute di Paris yang sekaligus mengumandangkan namanya ke seantero dunia. Karya Jean Nouvel dikenal dengan ciri khasnya yang mengusung konsep arsitektur inovatif dan membuatnya terlihat di antara arsitek-arsitek modern saat ini. Beberapa proyek yang pernah ia rancang yaitu Les Grandes Tables of Seguin Island di Paris, Arab World Institute di Paris, Ziaty Andel di Prague, Denstu Building di Tokyo, dan Gasometer A di Vienna.

8. Renzo Piano

Dilahirkan di Italia pada 14 September 1937, Renzo Piano pernah masuk dalam daftar top 100 orang paling berpengaruh tahun 2008 versi Majalah Time. Renzo Piano juga pernah memenangkan Italia Pritzker, sebuah penganugerahan untuk arsitek penganut gaya modern. Pada masa mudanya, ia juga pernah bekerja bersama Louis Kahn, sekaligus yang membuatnya terkenal dengan arsitektur yang unik dan penuh dengan detail rumit. Bangunan-bangunan paling mengagumkan yang pernah dibuat oleh Renzo Piano adalah Kansai International Airport di Jepang, NEMO Science Center di Amsterdam, The New York Times building di New York, dan The newly opened Shard di London.

7. Ludwig Mies van der Rohe

Ludwig Mies van der Rohe, juga dikenal dengan nama panggilan Mies, merupakan arsitek keturunan Amerika-Jerman yang merupakan salah satu pelopor aliran arsitektur modern bersama Le Corbusier dan Walter Gropius. Karakter Ludwig Mies van der Rohe terletak pada konsepnya yang minimalis serta banyak menggunakan bahan kaca dan baja sebagai partisi interior. Inovasi konsep interior yang terbuka juga menjadi salah satu buah pemikirannya. Contoh gedung yang pernah ia bangun adalah Crown Hall Chicago di Illinois, New National Gallery di Jerman, Seagram Building di New York, dan Barcelona Pavilion di Spanyol.

6. Tom Wright

Anda mungkin pernah mendengar gedung tertinggi di dunia saat ini yaitu Burj Khalifa? Arsitek Tom Wright lah yang berada di belakang rancangan gedung spektakuler ini. Lahir di Inggris pada 18 September 1957, nama Tom Wright langsung berkibar setelah sukses merancang desain Burj Khalifa. Selain bentuk bangunannya yang sangat megah, Burj Khalifa juga dilengkapi fasilitas-fasilitas super mewah termasuk landasan helikopter dan lapangan tenis di titik tertinggi.

5. Philip Johnson

Tercatat sebagai salah seorang yang merancang Department of Architecture and Design at the Museum of Modern Art di New York City, karya arsitek yang lahir pada 8 Juli 1906 ini memiliki ciri khas yang kuat. Philip Johnson senang bermain dengan bahan kaca, kristal, dan baja dalam bangunannya. Crystal Cathedral di California adalah bukti nyata imajinasi spektakulernya yang berhasil memboyong bangunan di negeri dongeng ke dunia nyata. Philip Johnson merupakan arsitek bergaya minimalis dan pop art. Karya-karya bangunan terkenal yang pernah ia buat di antaranya The Crystal Cathedral di California, Philip-Johnson-House di Jerman, dan The Museum of Television Radio di Amerika.

4. Zaha Hadid

Zaha Hadid adalah arsitek wanita pertama yang pernah menenangkan penghargaan Pritzker Architecture. Arsitek yang lahir pada 31 Oktober 1950 di Irak ini merupakan salah satu arsitek legendaris di dunia. Karyanya ditandai dengan perpaduan antara gaya futuristik, artistik, berani, dan tidak konvensional. Nama besar Zaha Hadid pernah tercatat di urutan ke-69 dari daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia tahun 2008 versi Forbes. Gedung-gedung indah yang pernah ia buat meliputi Opera House di Guangzhou, Bergisel Ski Jump di Innsbruck, Phaeno Science Center, dan MAXXI – the National Museum of the 21st Century Arts the Bridge Pavilion in Zaragoza.

3. Ieoh Ming Pei

Ieoh Ming Pei merupakan arsitek berkebangsaan China yang pernah menuntut studi di Amerika Serikat. IM Pei lahir pada 26 April 1917 yang dikenal sebagai salah seorang arsitek terbesar di aliran gaya arsitektur modern. Selama 80 tahun profesinya sebagai seorang arsitek, Ieoh Ming Pei telah melahirkan berbagai rancangan bangunan menakjubkan meliputi gedung pemerintahan, gedung swasta, serta sarana dan prasarana umum. Proyeknya yang paling tersohor yaitu the Museum of Islamic Art di Doha, Le Grand Louvre (The Pyramid) di Paris, John F. Kennedy Presidential Library and Museum di Boston, The National Gallery of Art di Washington D.C., dan The Bank of China Tower di Hong Kong.

2. Frank Lloyd Wright

Frank Lloyd Wright lahir pada 6 Agustus 1867 di Amerika Serikat. Kemampuan luar biasa Frank Lloyd Wright disadarinya ketika belajar di bawah Louis Sullivan, yang juga merupakan seorang legenda arsitek di Amerika. Karya Wright bisa dilihat dari gayanya yang mendapatkan sentuhan organik dan alami seperti hiasan padang rumput pada eksteriornya. Konsep Frank Lloyd Wright ini bahkan masih sangat diminati sampai sekarang. Rancangannya yang paling terkenal yaitu Arizona State University Gammage Auditorium & Taliesin West, Fallingwater Residence di Pennsylvania, dan The Guggenheim Museum di New York.

1. Frank Gehry

Karya arsitektur Frank Gehry merupakan sebuah fenomena yang paling khas dan paling inovatif. Arsitek kelahiran 28 Pebruari 1929 ini dikenal sebagai pelopor gaya arsitektur kontemporer yang selalu berkembang sesuai zaman. Kemampuannya dalam menciptakan ruang dan memanipulasi bentuk sudah diakui di seluruh dunia. Bangunan-bangunannya terlihat begitu unik dan seperti tidak masuk di akal. Contoh-contoh karya Frank Gehry yang terkenal antara lain Der Neue Zollhof di D�sseldorf, The Guggenheim Museum di Bilbao, Marques de Riscal Vineyard Hotel di Elciego, dan The Walt Disney Concert Hall di Los Angeles.