Hobi
Nov17

Mengenal Jenis-jenis Ikan Oscar

Tiger oscar, red oscar, dan albino oscar adalah jenis-jenis ikan oscar yang paling terkenal. Ketiganya dinilai memiliki corak warna yang begitu menarik, unik sekali, dan sangat atraktif. Namun tahukah Anda selain ketiga jenis ikan oscar di atas, masih banyak macam-macam ikan oscar yang lainnya. Apa saja ya? Yuk, kita cari tahu bersama-sama!

Ikan oscar adalah salah satu ikan air tawar yang tinggal di lingkungan tropis dan sering dijadikan sebagai ikan hias berkat kemolekannya. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, Kolombia, dan Peru dengan habitat asli di sungai amazon, sungai orinoco, dan sungai la plata. Ikan oscar masih tergolong dalam keluarga Cichlidae dengan nama ilmiah Astronontus ocellatus. Di kalangan penghobi ikan hias, ikan ini terkenal memiliki perangai yang agresif dan mendominasi wilayahnya.

Tingkat pertumbuhan ikan oscar relatif cepat, di mana ukuran panjang tubuhnya bisa mencapai 35-40 cm. Itu sebabnya, ikan tropis ini membutuhkan akuarium pemeliharan yang cukup luas agar ia mudah bergerak. Tergolong sebagai binatang omnivora, ikan oscar sangat menyukai pakan berupa ikan-ikan kecil yang masih hidup. Rata-rata ikan oscar mampu bertahan hidup hingga usianya mencapai 10-12 tahun.

Tidak sedikit para pecinta ikan oscar yang mengumpamakan ikan ini sebagai anjing air. Hal ini lantaran Ikan oscar mampu mengenali pemiliknya dengan baik. Ketika melihat majikannya, ikan oscar akan menggerak-gerakkan sirip atau kepalanya. Bahkan ikan ini juga mau menggondol umpan langsung dari tangan si empunya. Unik sekali kan?

Pemeliharaan ikan oscar mungkin agak sedikit lebih sulit daripada ikan-ikan hias lain mengingat karakteristik dasarnya yang sangat agresif. Sebagai percobaan, Anda bisa merawat ikan oscar berukura kecil sebanyak 5-6 ekor sekaligus di dalam sebuah akuarium untuk membiasakan ikan-ikan ini mengenali Anda. Ketika ikan-ikan oscar tersebut sudah cukup dewasa, sebaiknya pindahkan segera ikan tersebut ke beberapa akuarium agar tidak saling bertarung satu sama lain.

Macam jenis Ikan Oscar

Jenis-jenis ikan oscar yang asli ada 3 macam antara lain tiger oscar, red oscar, dan albino oscar. Selain daripada jenis tersebut, masih banyak ragam ikan oscar lain yang dihasilkan melalui proses perkawinan silang. Di antaranya yaitu lutino oscar, lemon oscar, yellow oscar, golden oscar, bloody oscar, dyed oscar, blueberry oscar, dan strawberry oscar.

Tiger Oscar

ikan-tiger-oscar.jpg

Tiger Oscar

Tiger oscar dianggap sebagai varietas ikan oscar yang paling asli. Karakteristik dari ikan oscar ini yaitu berwarna merah tua dan bercorak jingga dengan kombinasi cokelat tua sampai abu-abu gelap. Banyak orang awam yang sering menyebut tiger oscar sebagai ikan oscar liar. Bagi Anda yang ingin memelihara ikan oscar, jenis ini merupakan rekomendasi dari sebab tiger oscar memiliki sifat dan karakter yang masih murni.

Red Oscar

ikan-red-oscar.jpg

Red Oscar

Sesuai namanya, red oscar adalah ikan oscar yang mempunyai tubuh berwarna merah mulai dari merah tua, merah cerah, sampai merah kekuningan. Tidak seperti tiger oscar yang bercorak tajam, ikan ini tidak mempunyai corak sama sekali. Jadi warna dari tubuh ikan red oscar ini hanyalah merah polos. Namun karena warna merah yang menghiasinya tampak sangat cantik, red oscar paling sering dijadikan sebagai indukan persilangan untuk menghasilkan jenis ikan oscar baru yang bersifat unggulan.

Albino Oscar

ikan-albino-oscar.jpg

Albino Oscar

Albino oscar ialah ikan oscar yang memiliki sisik berkelir albino alias putih cerah yang begitu anggun. Beberapa albino oscar juga kerap berwarna putih kekuningan serta putih oranye. Meskipun postur ikan ini terlihat berbeda dari tiger oscar dan red oscar, tetapi albino oscar masih termasuk salah satu varietas ikan oscar yang murni. Kebanyakan para penghobi cenderung lebih menyukai albino oscar yang memiliki tubuh putih bersih dengan mata berwarna merah cerah.

Albino Tiger Oscar

ikan-albino-tiger-oscar.jpg

Albino Tiger Oscar

Albino tiger oscar merupakan ikan oscar hasil persilangan antara albino oscar dan tiger oscar. Seperti halnya indukannya, ikan oscar yang satu ini mempunyai kulit berkelir putih dengan corak cokelat, jingga, atau abu-abu. Kombinasi dari warna-warni tersebut mampu melahirkan ikan oscar yang terlihat sangat sedap dipandang mata.

Albino Red Oscar

ikan-albino-red-oscar.jpg

Albino Red Oscar

Kalau ini merupakan ikan oscar hasil persilangan dari albino oscar dan red oscar. Albino red oscar terlihat manis sekali dengan kombinasi warna putih dan merah menyala. Faktanya, para penghobi lebih menyukai albino red oscar yang diselimuti oleh warna putih dan merah yang jelas.

Lutino Oscar

ikan-lutino-oscar.jpg

Lutino Oscar

Sekilas lutino oscar ini terlihat mirip dengan albino oscar. Tapi coba bandingkan sekali lagi. Tampak lutino oscar mempunyai warna cokelat gelap dan hijau tua di sekitar area sirip dan matanya. Perlu diketahui, ikan albino oscar tidak bisa memiliki warna hitam, cokelat gelap, dan hijau tua sebagaimana pada ikan latino oscar.

Lutino Tiger Oscar

ikan-latino-tiger-oscar.jpg

Latino Tiger Oscar

Nah, ini dia buah hasil perkawinan silang antara lutino oscar dan tiger oscar. Ciri-ciri dari latino tiger oscar yaitu mempunyai kulit putih cerah dengan campuran corak berwarna jingga. Pada bagian sirip dan mata juga sering dijumpai warna cokelat gelap atau hijau tua.

Lutino Red

ikan-lutino-red-oscar.jpg

Lutino Red Oscar

Ikan oscar ini juga merupakan hasil dari perkawinan silang, tepatnya yaitu persilangan antara lutino oscar dan red oscar. Lutino red oscar mempunyai sisik yang didominasi dengan warna putih cerah. Corak berwarna merah dan merah jingga tampak mewarnai di beberapa bagian tubuhnya. Sedangkan di sekitar sirip dan matanya dihiasi dengan warna cokelat gelap atau hijau tua sebagai ciri khas dari lutino oscar.

Lemon Oscar

ikan-lemon-oscar.jpg

Lemon Oscar

Anda suka buah lemon? Jika iya berarti jenis ikan oscar ini cocok sekali Anda pelihara. Pasalnya lemon oscar mempunyai warna kuning kehijauan menyerupai buah lemon yang sangat segar. Bayangkan ikan ini dipelihara di akuarium dan diletakkan di sebagai penghias ruangan.

Golden Oscar

ikan-golden-oscar.jpg

Golden Oscar

Golden oscar sering dianggap sebagai salah satu varian dari red oscar. Namun beberapa penghobi ikan hias mengklaim golden oscar merupakan varian lain yang termasuk jenis ikan oscar. Pendapat ini didasarkan karena golden oscar mempunyai warna kuning keemasan yang tajam sebagai paduan dari warna tubuhnya yang merah atau merah jingga.

Bloody Oscar

ikan-bloody-oscar.jpg

Bloody Oscar

Bloody oscar sering disebut pula dengan nama super red oscar. Kekhasan dari ikan bloody oscar ini ialah warna merah di badannya tampak pekat sekali. Saking pekatnya warna tersebut hingga diibaratkan sebagai darah (blood). Tapi tenang, justru di situlah keindahan sejati dari ikan bloody oscar ini.