Hobi
May23

Kata Siapa Bikin Taman Minimalis itu Susah? Ikuti 5 Tips Ini!

Taman berdesain minimalis adalah taman yang dibuat dengan menonjolkan aspek keminimalisan, kesederhanaan, dan modernitas sebagai daya tarik utamanya. Oleh karena itu, desain ini sangat cocok diterapkan bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk sekadar merawat tanaman. Kelebihan lainnya adalah taman minimalis sering dibuat di lahan yang tidak terlalu luas, sehingga cocok diaplikasikan pada rumah mungil.

Proses pembuatan taman bergaya minimalis sebenarnya sangat mudah. Bahkan tanpa jasa lanskaper profesional pun anda bisa menciptakan taman yang begitu indah. Lebih-lebih jika sedari awal rumah anda sudah mengusung tema minimalis, adanya taman berdesain sama akan memperkuat kesan keminimalisan tersebut.

desain-taman-minimalis.jpg

Taman Bergaya Minimalis

Ikuti kiat-kiat di bawah ini untuk menghadirkan taman minimalis di depan rumah anda!

  1. Pada dasarnya, desain minimalis banyak memanfaatkan garis-garis yang terlihat tegas dan berani. Khusus untuk taman, anda bisa membuatnya dalam bentuk pagar dinding sebagai pembatas area taman. Perhatikanlah desain pagar tersebut karena akan berpengaruh kuat terhadap desain taman akibat ukurannya yang besar dan tinggi.
  2. Taman bergaya minimalis juga sering memakai paving sebagai jalan setapak untuk memperkuat ketegasannya. Agar tampak lebih berkesan, perhatikan pemasangan paving serta penataan dan peletakannya. Anda bisa bermain dengan pola-pola yang jarang diaplikasikan di taman lain supaya taman anda terlihat lebih unik. Nantinya, perawatan paving harus dilakukan secara rutin agar warnanya tetap abu-abu modern dan tidak ditumbuhi lumut.
  3. Tumbuh-tumbuhan yang sesuai ditanam di taman minimalis adalah tumbuhan yang memiliki bentuk sederhana, berbatang tegas, dan warnanya pekat. Tidak masalah apakah anda ingin memelihara tanaman berbunga, tanaman berbuah, atau tanaman berdaun indah, yang penting tanaman tersebut mampu menampilkan pesona minimalis yang cukup kuat. Beberapa tumbuh-tumbuhan rekomendasi kami adalah adenium, agave attenuata, sansevieria, aglaonema, mawar, pisang kipas, dan rerumputan.
  4. Usahakan dalam mengatur tata letak tanaman, anda memperhatikan keharmonisannya. Caranya, padukan beberapa jenis tumbuhan yang berbeda di satu tempat dengan warna yang serasi, tetapi nuansa dan ukurannya berbeda. Permainan warna-warni taman juga bisa dilakukan dengan menggunakan pot dengan kelir dan corak yang berbeda-beda sebagai media tanam tumbuhan.
  5. Taman minimalis terasa kurang sempurna tanpa adanya ornamen-ornamen yang menghiasi. Untuk mempercantik desain taman, anda dapat menciptakan air terjun mini bergaya bali atau relief bebatuan di lingkungan taman tersebut. Buat air terjun ini di salah satu sudut taman yang tidak banyak ditumbuhi tanaman sehingga mampu mempertegas sudut tersebut. Selain terlihat indah, gemericik air terjun juga menjadi sarana efektif sebagai obat penghilang kepenatan.

Sekarang percaya kan kalau mendesain taman minimalis itu gampang sekali? Kuncinya adalah anda perlu mengetahui dasar-dasar pembuatan konsep minimalis dan menerapkannya. Kelihaian anda dalam memadupadankan tumbuh-tumbuhan juga sangat dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan taman tersebut. Jadi, selamat berkebun ya!