Hobi
Nov16

Ikan Oscar, Ikan Hias Air Tawar yang Cerdas

Ikan oscar (Astronotus ocellatus) adalah spesies ikan hias air tawar yang berasal dari keluarga Cichlidae. Di Indonesia, ikan ini sering disebut juga dengan ejaan ikan oskar. Habitat asli ikan oscar berasal dari Amerika Selatan tepatnya di sungai amazon, parana, rio paraguay, dan rio negro sampai dengan Venezuela Timur, Guyana, dan Paraguay. Kepopuleran ikan oscar sebagai ikan hias yang eksklusif membuatnya menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk China, Australia, dan Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah dari Ikan Oscar

Kerajaan : Animalia

Phylum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Keluarga : Cichlidae

Subfamily : Astronotinae

Genus : Astronotus

Spesies : Astronotus ocellatus

ikan-oscar.jpg

Ikan Oscar

Ikan oscar sudah dikenal sebagai ikan hias sejak 50 tahun yang lalu. Ikan ini mempunyai bentuk dan warna yang sangat menarik. Badannya berkelir kehitam-hitaman dan berpadu dengan kuning kemerahan menyerupai batik. Ada juga ikan oscar jenis albino yang memiliki tubuh berwarna putih dengan kombinasi hitam dan merah. Baca Juga : Cara Merawat Ikan Oscar di Akuarium

Rata-rata ukuran panjang tubuh ikan oscar dapat mencapai 30 cm. Sebagai binatang omnivora, makanan ikan ini berupa ikan-ikan kecil, moluska, avertebrata, buah-buahan, dan sayur-mayur. Ketika sudah cukup besar, ikan oscar cenderung berkarakter karnivora dengan memangsa udang, cacing, jangkrik, belalang, lalat, dan serangga. Satu hal yang menarik bahwa ikan ini lebih menyukai pakan yang masih hidup karena sifatnya sebagai predator tadi.

gambar-ikan-oscar.jpg

Ikan Oscar Dewasa

Oscar merupakan ikan yang sangat menjaga teritorial kekuasaannya. Ikan ini akan berperilaku agresif terhadap ikan-ikan lain yang dianggap mengganggu. Ukuran wilayah kekuasaan ini tergantung dari postur dan karakteristik dari ikan tersebut, di mana ikan oscar yang berukuran besar dan garang biasanya mempunyai daerah kekuasaan yang lebih luas. Ketika seekor ikan oscar sudah mengklaim teritorial tersebut merupakan miliknya, maka ikan ini akan berbuat apapun untuk mengusir ikan-ikan lain.

Mengingat habitat aslinya di sungai amazon, ikan oscar hidup di air yang memiliki kadar keasaman rendah di bawah pH 7. Walaupun begitu, ikan ini gampang beradaptasi sehingga cocok dipelihara di berbagai kondisi perairan. Suhu yang ideal untuk mendukung pertumbuhan ikan oscar berkisar antara 26-30 derajat celcius. Ikan ini juga suka sekali dengan dasar kolam atau akuarium yang berpasir serta dipenuh bebatuan.

mengenal-ikan-oscar.jpg

Akuarium Ikan Oscar

Ikan oscar yang dijual di pasaran saat ini kebanyakan merupakan hasil penangkaran, bukan tangkapan dari alam. Beberapa varian ikan oscar yang dikabarkan telah berhasil dibudidayakan antara lain tiger oscar, red tiger oscar, albino tiger oscar, albino red oscar, long fin oscar, half back oscar, dan gold oscar. Namun karena perawatannya yang cukup rumit dan peminatnya tidak sedikit, harga ikan oscar per ekor sanggup menyentuh angka jutaan rupiah.

Tahukah anda, ikan oscar termasuk salah satu ikan air tawar yang cerdas. Jika dilatih secara teratur, ikan ini tanpa sungkan-sungkan mau mengambil pakan langsung dari tangan pemiliknya. Bahkan ikan oscar juga dapat dilatih agar mampu melompat sampai ketinggian lebih dari 15 cm untuk menggondol pakan yang diberikan.