Hobi
Mar3

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar di Pot

Proses menanam dan merawat bunga mawar di pot memang terbilang sulit-sulit mudah. Terdapat serangkaian tahap yang harus anda lakukan dengan benar supaya tanaman bisa tumbuh normal dan subur. Namun, hal ini akan terbayar lunas ketika melihat mawar yang selama ini anda pelihara di pekarangan rumah mengeluarkan bunga-bunga yang indah.

menanam-dan-merawat-bunga-mawar.jpg

Tanaman Bunga Mawar di Pot

Alat dan Bahan :

  • Bibit bunga mawar
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kandang/kompos
  • Pot
  • Pecahan genteng
  • Air
  • Pupuk NPK (5-10-5)
  • Gunting pemangkas
  • Insektisida dan Pestisida

Langkah-langkah :

  1. Siapkan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Aduk-aduk media tanam tersebut untuk memastikan komposisinya tercampur rata.
  2. Siapkan pot berukuran cukup besar, lalu letakkan pecahan genteng di dasarnya sebagai penahan media tanam. Setelah itu, masukkan media tanam hingga memenuhi seluruh isi pot. Disarankan menggunakan pot berbahan tanah ketimbang plastik karena memiliki pori-pori yang bisa mengatur tingkat kelembaban media tanam.
  3. Setelah persiapan media tanam telah selesai, selanjutnya adalah menanamkan bibit bunga mawar. Keluarkan bibit tersebut dari polybag, lalu tanamkan ke dalam pot. Hati-hati, pastikan tidak ada akar tanaman yang rusak karena bisa menyebabkannya layu.
  4. Berikan sedikit air pada bibit yang baru ditanamkan tadi. Berikutnya, letakkan pot di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari cukup.
  5. Selain menyiram tanaman bunga mawar secara berkala, anda juga perlu mencabut gulma-gulma yang tumbuh di dalam pot. Biar lebih efektif, pertumbuhan gulma di pot ini bisa dicegah dengan cara di sini.
  6. Sama seperti tanaman berbunga lainnya, anda perlu memberikan pupuk NPK sebelum tanaman mawar berbunga, tengah berbunga, dan ketika bunganya tampak layu. Adapun dosis yang dianjurkan adalah 5 gram/tanaman. Pemberian pupuk yang berlebihan justru akan berubah menjadi racun.
  7. Sedangkan, untuk pupuk kompos perlu diberikan setiap 3 – 4 bulan sekali. Gunanya adalah untuk menjaga kesuburan media tanam.
  8. Pemangkasan tanaman bunga mawar juga perlu dilakukan untuk merangsang pertumbuhannya. Pemangkasan pertama dilakukan ketika tinggi tanaman mencapai 7,5 cm dengan menyisakan 3 – 4 cabang primer tumbuh. Pemangkasan dilakukan sekali lagi ketika tinggi tanaman berkisar antara 25 – 60 cm.
  9. Pertumbuha bunga bisa dirangsang dengan memotong cabang/ranting yang kuncupnya sudah layu. Potong juga sedikit cabang di bagian atas pangkal mata tunas atau tangkai daun kedua dengan posisi miring 45 derajat.
  10. Hama bunga mawar antara lain siput berbulu, cacing renik, kutu daun, ulat bulu, dan tungau. Sedangkan penyakit yang menyerang yaitu busuk bunga, bercak hitam, bengkak pangkal batang, embun tepung, dan karat daun. Pemberantasan hama dan penyakit bunga mawar tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan insektisidan dan pestisida sesuai gejala yang muncul.

Selamat menanam dan merawat bunga mawar!